pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Cek Fakta

[SALAH] Putin Katakan Rusia Siap Mendukung Iran Jika Amerika Serikat Membantu Israel

82
×

[SALAH] Putin Katakan Rusia Siap Mendukung Iran Jika Amerika Serikat Membantu Israel

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

BERITAMUSI – Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyatakan bahwa RUSIA akan MENDUKUNG IRAN jika Amerika ikut campur dalam pertempuran Iran VS Israel.

HASIL CEK FAKTA

Beredar berita di Facebook yang mengklaim bahwa Putin akan membantu Iran apabila Amerika Serikat ikut campur dalam perang antara Iran-Israel. Klaim tersebut dibagikan di Facebook pada 16 April 2024 disertai dengan foto Putin bersama dengan Presiden Ira, Ebrahim Raisi.

Melansir dari portal media Prohaba, klaim tersebut rupanya pertama kali disebarkan oleh seorang pengamat politik Amerika sekaligus influencer media sosial, bernama Jackson Hinkle.

Dijelaskan jika melalui akun Instagramnya, Hinkle yang terkenal atas dukungannya terhadap Palestina memberikan kabar yang belum terkonfirmasi kebenarannya jika Rusia lewat Presiden Vladimir Putin, mendeklarasikan dukungan terhadap Iran jika Amerika Serikat ikut campur dalam pertempuran Iran-Israel

Namun, hingga saat ini belum ada pernyataan resmi yang dibuat oleh pemerintah Rusia atas serangan balasan Iran ke Israel ini. Dengan demikian maka dapat disimpulkan jika klaim yang menyebutkan Rusia akan membantu Iran apabila Amerika Serikat turut membantu Israel menyerang Iran. Pernyataan tersebut merupakan informasi palsu yang tidak terbukti kebenarannya.

KESIMPULAN

Faktanya klaim tersebut bukan merupakan pernyataan yang dikatakan langsung oleh Putin, melainkan pernyataan yang disebarkan oleh seorang pengamat politik Amerika, Jackson Hinkle. Hingga saat ini pun pemerintah Rusia belum memberikan pernyataan yang mendukung kebenaran dari klaim tersebut.

Rujukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *