pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Cek Fakta

[HOAKS] CR7 ANGKAT SUARA SOAL LAGA INDONESISA VS UZBEKISTAN “MEREKA TAKKAN KALAH JIKA TAK DICURANGI WASIT”

101
×

[HOAKS] CR7 ANGKAT SUARA SOAL LAGA INDONESISA VS UZBEKISTAN “MEREKA TAKKAN KALAH JIKA TAK DICURANGI WASIT”

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

Beritamusi – Timnas U23 Indonesia bertanding melawan tim dari Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U23 di Qatar pada Senin (29/4/2024). Uzbekistan memenangkan pertandingan ini dengan skor 2-0. Ramai respons netizen dan konten di sosial media yang menganggap adanya kecurangan pada wasit.

Akun ruang zoom di snack video membagikan konten tentang reaksi CR7 (Christiano Ronaldo, red.) megenai pertandingan Indonesia vs Uzbekistan dengan judul “CR7 angkat Suara Soal Laga Indonesisa Vs Uzbekistan “Mereka Takkan Kalah Jika Tak Dicurangi Wasit”.

Bagian awal video menampilkan potongan video Christiano Ronaldo yang sedang melakukan press conference untuk mengomentari pertandingan Indonesia vs Uzbekistan.

“Mereka (INDONESIA) sudah tak bisa focus semenjak DICURANGI WASIT, jika VARnya baik & wasit bagus, mereka tidak akan kalah jika tidak dicurangi” jelas terjemahan dalam video.

Selanjutnya, dalam video tersebut menjelaskan bahwa pertandingan ini sangat mencolok jika wasit berat sebelah, perihal ini yang membuat Christiano Ronaldo bereaksi.

 

Hasil Cek Fakta

Penelususran video menunjukan bahwa video tersebut identik dengan video yang telah diunggah 5 tahun yang lalu di akun Youtube BeanymanSports dengan judul “Cristiano Ronaldo Full Pre-Match Press Conference – Manchester United v Juventus – Champions League”. Dalam video ini ia mengomentari tentang grup yang akan bertanding yaitu Manchester United versus Juventus di Liga Champions.

Setelah dicermati dan dibandingkan video yang diunggah oleh akun ruang zoom telah diedit, sehingga suara Christiano Ronaldo menjadi lebih berat. Terjemahan yang terdapat di dalam unggahan ruang zoom, berbeda dengan terjemahan yang ada dalam video asli yang diunggah BeanymanSports.

 

Kesimpulan

Narasi tanggapan Christiano Ronaldo tentang kecurangan wasit yang terjadi di Piala Asia U23 tahun 2024 pada pertandingan Indonesia vs Uzbekistan adalah hoaks. Potongan video yang diunggah mengenai Christiano Ronaldo tidak sesuai dengan konteks dan tidak berhubungan dengan Piala Asia U23 tahun 2024 di Qatar.

 

Referensi

https://s.snackvideo.com/p/dx8sfvlf

https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=V_vjWX8tawQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *