pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Cek Fakta

[HOAX] Kenaikan BBM, Detik-Detik Kericuhan DPR Malam Ini

67
×

[HOAX] Kenaikan BBM, Detik-Detik Kericuhan DPR Malam Ini

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

BERITAMUSI – Akun sosial media Snack Vidio Har_iss pada Senin (29/04/2024) mengunggah tiga video yang mengarah pada isu kenaikan BBM yang diwarnai dengan unjuk rasa masyarakat di depan Gedung DPR RI.

Unggahan pertama berupa video berita dari TV One mengenai rencana penghapusan bahan bakar Pertalite.

Pada unggahan tersebut terdapat keterangan pada video yang bertuliskan “Segera menyusul di tempat anda, selamat tinggal Pertalite” tulisnya.

“Siap-siap harga 13.900/liter tanpa subsidi, dan selamat menikmati keberlanjutan Jokowi 3 priode. Semoga Bahagia pendukung 02” sambungnya.

Unggahan kedua masih berkaitan dengan isu kenaikan BBM dengan keterangan bertuliskan “Jkw (Jokowi, red.) & sigemoy (Prabowo, red.), senyum dan senang saksikan ini, ko tega” tulisnya.

“situasi malam ini di gedung DPR” tulisnya untuk mejelaskan kondisi yang ada di dalam video.

“BBM naik gila2an, buat bayar utang diikuti kenaikan bahan pokok, rakyat dimiskinkan, haruskah rakyat diam?” sambungnya.

Unggahan ketiga berkaitan dengan video kedua, Dimana menggambarkan situasi pendemo yang ricuh dan dibubarkan apparat kepolisian. Uanggahan tersebut bertuliskan “Detik-detik kericuhan DPR mala mini, akan kah ini kehancuran NKRI?” terangnya.

Hasil Cek Fakta

Penelusuran video unggahan pertama dilakukan dengan mencari video berita melalui Youtube TV One News, pada program Kabar Petang ditemukan video yang identik dengan yang diunggah oleh akun Har_iss.

Pada unggahan ini terdapat informasi keliru, di dalam video tidak disebutkan kenaikan harga Pertalite menjadi Rp. 13.900/liter. Melansir dari dari CNBC Indonesia, Rp. 13.900 adalah harga bahan bakar Pertamax yang turun harga pertanggal Sabtu (1/11/2022).

Selanjutnya, informasi yang salah pada unggahan pertama adalah keterangan mengenai Jokowi 3 periode, sebab setelah periode kedua, Jokowi digantikan oleh Prabowo yang terpilih melalui Pemilu 2024.

Terdapat kalimat “selamat menikmati keberlanjutan Jokowi 3 priode. Semoga Bahagia pendukung 02”, kalimat ini bisa diartikan sebagai kalimat satire karena pasangan nomor urut 02 (Prabowo-Gibran) sangat memiliki keterkaitan yang erat dengan Jokowi.

Saat penelusuran video kedua, sulit ditemukan video yang identik dengan unggahan akun Har_iss, namun melalui penelusuran berita ditemukan bahwa tidak ada demo atau unjuk rasa yang dilakukan di depan gedung DPR RI tertanggal Senin (29/04/2024).

Video pada unggahan ketiga, melalui Youtube ditemukan bahwa video tersebut adalah potongan video dari akun Official iNews berjudul “Ratusan Polisi Dikerahkan untuk Pukul Mundur Masa Demo di DPR” diterangkan pada judul berita.

Berita tersebut bukan mengenai demo kenaikan BBM, berita tersebut terkait pembubaran massa yang ricuh pada aksi unjuk rasa mengenai kecurangan Pemilu. Massa menuntut pemerintah mengusut tuntas kecurangan Pemilu 2024 melalui demo yang digelar pada Selasa (19/3/2024) hingga keesokan harinya.

 

Kesimpulan

Ketiga unggahan Har_iss memiliki saling keterkaitan mengenai isu kenaikan BBM, namun ketiga unggahan tersebut mengandung konten disinformasi mengenai kekeliruan harga, demonstrasi yang sebenarnya tidak terjadi dan penyajian video yang tidak relevan dengan konteks.

 

Referensi

https://s.snackvideo.com/p/sendbmKb

https://s.snackvideo.com/p/Wud0Fewm

https://s.snackvideo.com/p/edxOuEdW

https://www.youtube.com/watch?v=DZH8r3zrM5I

https://www.youtube.com/watch?v=jNWK9eLC-IA

https://www.cnbcindonesia.com/news/20220930221742-4-376420/resmi-harga-pertamax-di-dki-jakarta-turun-jadi-rp-13900

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *