pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Cek Fakta

[SALAH] Mobil Xpander Tabrak Kafe di Palembang

233
×

[SALAH] Mobil Xpander Tabrak Kafe di Palembang

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

BERITA MUSI – Saat ini sedang ramai pemberitaan mengenai mobil Mitsubishi Xpander yang menabrak showroom mobil mewah di Jakarta, lalu ramai pemberitaan tentang pengemudi mobil Xpander menabrak sebuah kafe.

Akun Instagram @lambe_turah mengunggah video pada Sabtu (16/3/2024) mengenai peristiwa pengemudi mobil Xpander silver menabrak kaca kafe. Unggahan tersebut berjudul “Viral! Xpander Tabrak Sebuah Cafe di Palembang” pada slide pertama.

“LAGI2 XPANDER! Kali ini Tabrak Kafe bukan Porsche” pada judul video di slide kedua.

Keterangan pada video tersebut menjelaskan bahwa pengemudi mobil tersebut merupakan seorang perempuan yang tidak sengaja menginjak gas ketika hendak parkir di depan kafe.

“Waduh lagi ada apa ya dengan Para Pengemudi Xpander belakangan ini” tulis keterangan selanjutnya dalam video tersebut.

Pada unggahan tersebut bertuliskan caption “Sepander kenapa sehhh…”

Video yang sama juga diunggah oleh akun Instagram @palembang.terciduk pada Minggu (17/3/2024) yang menjelaskan bahwa peristiwa itu terjadi di Palembang.

“Nah uji kabar (red: berdasarkan kabar) mobil xpander nabrak di cafe Palembang.” tulisnya pada caption unggahan.

 

HASIL CEK FAKTA

Dilansir melalui Jatim iNews, peristiwa tersebut terjadi di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Jawa Timur. Berdasarakan keterangan juru parkir kejadian itu terjadi pada Jumat (15/3/2024) malam hari. Namun, jika dilihat pada situasi video tersebut kondisinya masih terang, artinya peristiwa tersebut tidak terjadi di malam hari.

Informasi akurat dan lengkap telah disampaikan oleh Kasi Humas Polsek Genteng Surabaya melalui Surabayaraya.com. Dijelaskan kejadian tersebut terjadi pada Kamis (14/3/2024) di sebuah kafe berlokasi di Jalan Basuki Rachmad Surabaya yang merupakan wilayah hukum Polsek Genteng Surabaya.

Dalam penjelasannya juga disertai dengan foto renovasi di lokasi kejadian.

Penyelesaian masalah dilakukan secara damai, sebab pemilik kafe tidak melaporkan kejadian tersebut kepada yang berwajib sebagai tindakan pidana.

“Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materil saja” pungkas Kompol Bayu Halim Nugroho.

 

KESIMPULAN

Faktanya peristiwa pengendara Xpander silver yang menabrak kafe terjadi di Surabaya, bukan di Palembang seperti yang tertera pada caption postingan @lambe_turah dan @palembang.terciduk.

Misinformasi bisa saja terjadi karena di Palembang juga terdapat nama Jalan Basuki Rahmat. Akurasi lokasi dan waktu kejadian juga menjadi simpang siur karena informasinya telah viral dan disebarkan secara luas tanpa dicek terlebih dahulu kebenarannya.

 

Referensi

https://jatim.inews.id/berita/viral-mobil-xpander-tabrak-kafe-di-surabaya-pecahan-kaca-berserakan/2

https://surabayaraya.com/xpander-yang-dikendarai-seorang-wanita-menabrak-kafe-di-surabaya/

https://www.instagram.com/p/C4kczg1PPho/?igsh=NzIxYXN6dThobHVm

https://www.instagram.com/reel/C4lMTVBpqYK/?igsh=dDVlajZxYjVvZ3F0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *