pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Cek Fakta

[SALAH] Makanan Palsu Buatan China

45
×

[SALAH] Makanan Palsu Buatan China

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

BERITAMUSI – Ternyata China Juga Bikin Makanan Palsu! Deretan Skandal Produk Palsu dan Kontroversial Asal China.

HASIL CEK FAKTA

Akun Facebook Meysha Meysha Cantika memposting sebuah unggahan mengenai makanan palsu yang telah diedarkan oleh China, pada tanggal 22 September 2023.

Unggahan melampirkan url yang mengarah ke laman belanja online kitashopping.com di laman itu juga menampilkan video Youtube dari channel Daftar Populer yang juga menampilkan adanya makanan palsu buatan China.

Dilansir dari tempo.com ditemukan sejumlah berita yang disertai foto dan video yang sama dengan dalam konten yang beredar tersebut.

Yang pertama, video yang ada pada durasi detik 23 memperlihatkan sebuah kaleng berisi makanan bayi China yang disebut berbahaya karena mengandung bahan kimia bernama melamin. Foto yang sama ditemukan di situs Hongkongdestructiveservice.com. Perusahaan pemilik website ini menyediakan layanan pembuangan susu formula bayi kadaluwarsa agar tidak mencemari lingkungan. Foto ini tidak ada hubungannya dengan isu berbahaya susu formula dari China.

Video yang beredar pada menit ke-01:35 mengenai telur palsu, foto itu sama dengan berita di Detik.com, tertanggal 16 Maret 2018, yang mengatakan adanya warga Banda Aceh yang mengatakan telur tersebut palsu karena tidak berbau amis dan selaput dalamnya terbuat dari plastik.Namun, sesungguhnya telur diduga memiliki keanehan karena disimpan terlalu lama. Dengan demikian klaim telur palsu di Aceh itu.

Pada menit ke-08:50 dalam video yang beredar juga memperlihatkan proses industri yang dikatakan membuat makanan dari daging busuk. Klip video dan cerita menyebutkan pengembangan madu dari sarang lebah buatan dan tawon pemakan air gula di Tiongkok, namun tidak ada bukti dari sumber terbuka yang ditemukan secara online.

Kesimpulannya adalah url yang dilampirkan dalam unggahan tersebut mengarahkan kita untuk berbelanja online. Video dan foto yang berada di laman youtube tersebut juga merupakan foto dan video lama yang telah beredar dan tidak terbukti kebenarannya. Sehingga unggahan tersebut merupakan konten palsu.

KESIMPULAN

Faktanya, url yang dilampirkan dalam unggahan tersebut mengarah pada web belanja online. Video dan foto yang berada di laman youtube tersebut juga merupakan foto dan video lama yang telah beredar dan tidak terbukti kebenarannya.

Rujukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *