oleh

Rekor Kurnia Meiga Belum Terpecahkan oleh Kiper-kiper Liga 1 2019

JAKARTA I Ada catatan menarik dari gelaran Liga 1 2019 yang sudah usai sejak Ahad (22/12/2019) lalu. Penampilan apik kiper-kiper di pentas Liga 1 2019 ternyata masih jauh dari catatan gemilang penjaga gawang Kurnia Meiga saat masih bermain untuk Arema.

Dalam liga kasta tertinggi 2019 lalu, tiga nama penjaga gawang mencatatkan namanya sebagai kiper dengan clean sheet atau nirbobol terbanyak. Mereka adalah Dede Sulaiman (Persipura Jayapura), Wawan Hendrawan (Bali United), dan I Made Wirawan (Persib Bandung).

Ketiganya berada di tiga peringkat atas dengan menorehkan catatan nirbobol sebanyak 12 kali. Dede Sulaiman patut dijadikan pemuncak karena secara persentase lebih unggul daripada dua penjaga gawang lainnya. Angka persentase itu diambil dari jumlah penampilan.

Dede unggul karena bermain 30 kali, satu laga lebih sedikit dari Wawan dan Made. Artinya, kiper Persipura Jayapura itu memiliki persentase tidak kebobolan tepat 40 persen. Sayangnya, torehan apik itu belum bisa menyentuh bahkan menyamai yang rekor yang dimiliki kiper Kurnia Meiga Hermansyah.

Mantan kiper Arema FC yang sudah tak beraksi di bawah mistar gawang seja 2017 itu membukukan 18 kali clean sheet atau nirbobol. Jumlah tersebut menjadi catatan nirbobol terbaik di Indonesia sejak 1994/1995.

Si Entong, begitu Kurnia Meiga akrab disapa, membuat rekor tersebut saat berkompetisi di Indonesia Soccer Championship A 2016. Sementara itu, peringkat keempat soal rekor nirbobol di Liga 1 2019 ditempati oleh kiper Barito Putera, Aditya Harlan dengan 10 kali clean sheet dari 24 penampilan.

Adapun posisi ke-5 diisi oleh penjaga gawang Persela Lamongan, Dwi Kuswanto, yang juga 10 kali nirbobol. Akan tetapi, jumlah penampilan Dwi Kuswanto lebih banyak satu laga dibanding Aditya Harlan. (*)

Sumber: tempo.co

Komentar

Berita Lainnya