oleh

Liga 2 Bergulir, Protokes Covid 19 Ketat akan Diterapkan

PALEMBANG I Induk sepakbola Indonesia (PSSI) telah menyusun protokol kesehatan pencegahan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), jika Liga 2 bergulir.

PSSI telah mengeluarkan pedoman pemecahan dan pengendalian Covid-19 untuk klub sepakbola. Sosialisasi kembali dilakukan saat Rapat Manager Meeting di Yogyakarta, Selasa (13/10/2020) malam.

“Telah disampaikan jika Liga 2 bergulir, maka protokol kesehatan akan benar-benar diterapkan,” ucap Asisten Manajer Sriwijaya FC Mayumi Itsuwa, Selasa (13/10/2020).

Dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan Corona, peran dari dokter tim sangat penting sekali.

Dokter tim yang bakal menjadi garda terdepan dalam menyiapkan protokol teknis kesehatan di klub berkat dengan Covid-19 sesuai dengan instruksi pemerintah.

Dalam pedoman yang disampaikan PSSI kepada klub, dalam pencegahan corona, setiap klub melakukan pemeriksaan rapid test/swab test COVID-19 sebanyak satu kali setiap minggunya. Pemeriksaan dilakukan kepada para pemain dan ofisial tim selama liga berlangsung.

Pelatih, pemain dan ofisial wajib menggunakan masker. Bahkan manajemen klub pun tak terkecuali juga harus melakukan protokol yang sama.

Penggunaan masker itu, di lingkungan tempat pelatihan, selama perjalanan dari dan ke tempat latihan serta setiap keluar tempat pelatihan.

Selain dari itu, ada juga pengukuran suhu tubuh dan pemeriksaan gejala COVID-19. Jika ternyata, ada yang mengalami peningkatan suhu tubuh ≥ 38 °C dan terdapat gejala seperti batuk/pilek/nyeri sesuai gejala COVID-19, maka yang bersangkutan tidak diperbolehkan mengikuti latihan.

Jika ditemukan pemain atau ofisial tim yang positif COVID-19, namun tidak bergejala klinis atau disebut orang tanpa gejala (OTG) dapat melakukan karantina/isolasi mandiri dengan pengawasan dokter tim dapat dilakukan sesuai pedoman dalam www.covid19.go.id.

Seperti halnya tempat umum, menjaga jarak juga wajib dilakukan buat pemain, pelatih dan ofisial tim.

Tak hanya buat pemain, pelatih dan ofisial tim saja, awak media yang masuk kawasan latihan pun diwajibkan menggunakan masker dan melakukan physical distancing.

PSSI dan PT LIB, telah menyiapkan protokol kesehatan dengan sangat rinci. Oleh sebab itulah, manajemen klub menaruh harapan yang besar, Liga 2 bisa bergulir kembali. (Fen)

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibupakaimasker

#ingatpesanibujagajarak

#ingatpesanibucucitangan

#pakaimasker

#jagajarak

#jagajarakhindarikerumunan

#cucitangan

#cucitangandengansabun

Komentar

Berita Lainnya