oleh

Kempes Tegaskan Messi tak Pernah Sejajar dengan Maradona

BUENOS AIRES I Dalam beberapa tahun terakhir, Lionel Messi selalu dinilai sebagai pemain terhebat dalam sejarah sepak bola. Lebih khususnya di Argentina.

Tentu saja ada pro dan kontra. Baru-baru ini, Messi membawa La Albicelste meraih gelar Copa America 2021.

Itu trofi pertama La Pulga, julukan Messi, di tim senior Argentina. Lantas, apakah fakta tersebut bisa membungkam para pengkritiknya?

Belum tentu. Masih ada yang melihat Messi berada di bawah Diego Maradona.

Dalam wawancara dengan ESPN Meksiko, legenda Argentina, Mario Kempes, menegaskan bahwa Maradona adalah pesepak bola terhebat sepanjang masa di negerinya. Ia merasa La Pulga mengalami kesialan karena hidup dan menjalani karier setelah era eks Napoli itu.

“Sangat sulit untuk membayangi Diego, dengan semua pujian dan kekaguman yang dia (Maradona) dapatkan dari seluruh dunia. Messi tidak akan mencapainya (lebih baik dari Maradona), meski dia memenangkan empat Piala Dunia beruntun,” kata Kempes, dikutip dari Sportskeeda, Kamis (15/7).

Kempes menyinggung fakta La Pulga yang belum menjadi juara dunia. Berbeda dengan Maradona yang membawa tim Tango berjaya pada 1986 lalu. Namun, Kempes tak hanya melihat dari sisi prestasi. Rupanya ia condong pada ketokohan.

Maradona bak magnet, menyihir banyak orang. Tak mengherankan jika sosok yang tutup usia pada 25 November 2020 itu memiliki penggemar garis keras. “Tidak peduli berapa gelar yang dia menangkan, atau apa yang dia menangkan. Itu tidak akan pernah bisa dibandingkan dengan apa yang dilakukan Diego,” ujar Kempes.

Tentu saja, sosok yang membawa Argentina meraih Piala Dunia 1978 itu mengeluarkan pernyataan subjektif. Pada akhirnya, ada juga pihak yang melihat Messi jauh di atas Maradona.

Perbedaan mereka hanya pada trofi Piala Dunia. Sebenarnya, pada 2014 lalu, La Pulga nyaris mendapatkan gelar itu. Argentina lolos ke final di Brasil. Sayang, pada partai puncak, La Albiceleste kalah 0-1 dari Jerman.

Selebihnya Messi unggul atas seniornya. Ia sudah meraih segalanya di level klub di Barcelona.

Messi top skorer dan pemilik caps terbanyak timnas Argentina. Terpenting, di level individu, La Pulga, telah mengoleksi enam ballon d’Or. Trofi tersebut sudah menggambarkan konsistensi kegemilangan sang bintang di level tertinggi selama bertahun-tahun. (republika.co.id)

Komentar

Berita Lainnya