oleh

Joe Cole Sarankan Liverpool Kejar Federico Chiesa

LIVERPOOL I Mantan gelandang serang Inggris, Joe Cole, berharap Liverpool mendatangkan Federico Chiesa. Saat ini, Chiesa masih memperkuat Juventus.

Cole melihat aktivitas the Reds pada bursa transfer musim panas 2021. Benar-benar sepi. Klub kota pelabuhan itu hanya mendatangkan satu nama.

Dia adalah Ibrahimo Konate. Pesepak bola berkebangsaan Prancis merupakan seorang bek tengah. Selebihnya kubu Merseyside Merah hanya fokus mengikat sejumlah penggawa penting dengan pembaharuan kontrak jangka panjang.

Ada beberapa pihak mempertanyakan keputusan Liverpool yang tidak membawa bintang baru. Apalagi klub tersebut ikut meramaikan perburuan gelar musim ini. Cole terkejut melihat kebijakan rival sekota Everton itu.

Cole mencoba membandingkan kondisi pada masa lalu. Menurutnya, Sir Alex Ferguson selalu mendatangkan jugador anyar berkelas, ketika Manchester United terlibat dalam persaingan merebut gelar. Itu contoh yang bagus agar suasana di tim tetap kompetitif.

“Seseorang seperti Chiesa, sempurna untuk Liverpool. Itu dilihat dari cara bermainnya,” kata Cole dikutip dari thesportreview, Senin (4/10).

Tak berlebihan apa yang diutarakan legenda hidup Chelsea ini. Perlahan tapi pasti, Chiesa menjelma menjadi sosok kelas dunia. Kemampuannya menyisir sayap, sering merepotkan lawan.

Chiesa tipikal pemain yang mempunyai kecepatan. Sang winger juga mampu memberi asisst. Terpenting, pemilik 34 caps tim nasional Italia ini bisa mencetak gol.

Gaya bermain Chiesa, ideal dengan taktik Juergen Klopp. Ia bisa menjadi pesaing Mohamed Salah dan Sadio Mane. Ia juga piawai ditempatkan lebih ke tengah.

Seperti yang dilakukan pelatih Juve Massimiliano Allegri belakangan ini. Dalam duel Juve vs Chelsea, Allegri memasang Chiesa dan Federico Bernardeschi sebagai penyerang. Ia mengincar serangan balik ketika memakai pesepak bola yang unggul dari sisi kecepatan.

Pun sewaktu Bianconeri bertemu Torino, sang winger digeser ke tengah, pada awal babak kedua. Artinya, ia pemain serbabisa di lini penyerangan. Itulah mengapa Cole menyarankan Liverpool untuk mengejar tanda tangan jebolan akademi Fiorentina itu.

Chiesa mulai tak tergantikan di skuad Nyonya Tua. Ia salah satu bintang Italia yang menjuarai Piala Eropa 2020, beberapa bulan lalu. [republika.co.id]

Komentar

Berita Lainnya