oleh

Jika Jadi Presiden, Laporta Bakal Pertahankan Koeman

BARCELONA I Prosesi pemilihan presiden Barcelona edisi terbaru semakin dekat. Satu per satu kandidat suksesor Josep Maria Bartomeu membeberkan rencana.

Satu diantaranya Joan Laporta. Ahli hukum berusia 58 tahun ini tetap menunjukkan kepercayaan pada pelatih Ronald Koeman.

Capres Barca lainnya, telah memiliki sosok ideal yang akan dipekerjakan sebagai arsitek klub tersebut. Contohnya Victor Font yang menginginkan Xavi Hernandez. Font bahkan berencana menunjuk Jordi Cruyff menduduki kursi Direktur Blaugrana.

Laporta enggan mengkritisi rencana pesaingnya. Ia hanya merasa Koeman layak diberi kesempatan untuk membuktikan diri.

Ia tak menampik juru taktik asal Belanda itu dalam situasi sulit. Barcelona tertinggal jauh dari Atletico Madrid di klasemen sementara La Liga Spanyol musim ini.

“Gelar akan ditentukan oleh hasil dan penampilan. Itu merupakan hukum sepak bola. Saya mendorongnya untuk mengambil tongkat dan membimbing para pemain karena apa pun bisa terjadi dalam olah raga ini,” kata Laporta, dikutip dari Marca, Jumat (1/1).

Sang pengacara tak asal berkata. Ia memiliki pengalaman. Laporta pernah menghadapi hal serupa saat menjadi Presiden Barcelona pada 2003 hingga 2010 silam. Saat itu Barcelona meraih hasil mengecewakan dalam musim awal bersama Frank Rijkaard.

Namun Laporta dan jajarannya tetap mempertahankan Rijkaard. Hasilnya pada musim 2005/06, mantan bek AC Milan itu membawa raksasa Katalunya menuju singgasana La Liga dan Liga Champions.

“Saya akan memberi tahu (para pemain saat ini) agar tidak lengah. Ada situasi sulit, tapi pengalaman mengatakan pada saya, banyak hal bisa terjadi. Kami memiliki para pemain yang bisa mengubah situasi, dan kembali merasakan kegembiraan dan mentalitas kemenangan,” tutur Laporta menegaskan.

Sama seperti kandidat lainnya, Laporta ingin membawa Barca ke puncak dunia, seperti satu dekade lalu. Pemilihan presiden Barcelona edisi terbaru akan berlangsung pada 24 Januari 2021. [republika.co.id]

Komentar

Berita Lainnya