pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Cek Fakta

Hoaks Jokowi Kecewa dan Sedih dengan Gamers Free Fire

25
×

Hoaks Jokowi Kecewa dan Sedih dengan Gamers Free Fire

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

BERITAMUSI – Melalui sosial media Snack Video yang diunggah pada Senin (19/02/2024) oleh akun Bang Gandul mengunggah video dengan keterangan “pak Jokowi kecewa dan sedih  sama anak free fire #kasihfaham #games #FreeFire,” tulisnya pada caption. Unggahan video tersebut berisi narasi untuk mengajak para pemain game Free Fire untuk mengirimkan sticker dan mengucapkan terima kasih kepada Jokowi.

Lebih jelasnya di dalam unggahan tersebut tertulis “pak Jokowi akan digantikan dengan pak Prabowo dan mengatakan akan pulang ke Solo untuk jadi masyarakat biasa, tapi sayangnya disaat pak Jokowi berpamitan semua anak free fire tidak ada yang mengirim sticker dan mengucapkan terima kasih sama pak Jokowi,” ungkapnya.

Dalam video tersebut juga membandingkan antara pemain game Mobile Legend dengan Free Fire “beda sama anak mobile legends yang mau mengerimkan sticker dan berterimakasih ke pak Jokowi yang telah memimpin negeri ini selama 10 tahun dengan baik guys. Di sini abang juga kecewa sama kalian anak free fire yang tidak peduli sama pak Jokowi,” tandasnya.

Di bagian akhir video menampilkan potongan video Jokowi yang mengatakan “saya pun sama juga merasakan hal itu, kecewa dan sedih,” ujarnya dalam postingan, seakan menyetujui kekecewaan tersebut.

 

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran video, potongan video Jokowi yang digunakan dalam unggahan tersebut terdiri dari potongan dua video berbeda. Video yang tampil pada bagian awal adalah video Jokowi yang diwawancarai oleh The Economist. Pada wawancara tersebut Jokowi mengatakan setelah habis masa jabatan ia akan kembali ke Solo sebagai rakyat biasa dan akan aktif di bidang lingkungan hidup.

Penelusuran selanjutnya, Jokowi menyatakan rasa kecewa dan sedih yang termuat dalam video youtube yang diunggah oleh akun resmi Presiden Joko Widodo. Konteks dalam video tersebut adalah ketika Jokowi memberikan reaksi tentang batalnya Piala Dunia U20 di Indonesia yang diunggah satu tahun lalu.

“Tadi malam saya mendapatkan laporan dari ketua PSSI bahwa FIFA telah memutuskan membatalkan Piala Dunia U20 di Indonesia, tentunya kita harus menghormati keputusan tersebut,” ungkap Jokowi di awal video.

“Saya tahu keputusan ini membuat masyarakat kecewa, saya pun sama, juga merasakan hal itu, kecewa dan sedih tapi jangan menghabiskan energi untuk saling menyalahkan satu sama lain,” sambungnya dalam video.

 

Kesimpulan

Video yang digunakan pada unggahan Bang Gandul menggunakan video yang tidak sesuai dengan konteks. Jokowi juga tidak pernah mengutarakan kesedihan dan kekecewaan terhadap pengguna/gamers Free Fire. Jadi dapat disimpulkan bahwa konten tersebut hoaks dan digunakan sebagai gimmick untuk menarik pengguna snack video terutama yang pemain game Free Fire untuk berkomentar.

 

Referensi

https://www.snackvideo.com/@banggandu1/video/5200400300394138788

https://www.youtube.com/watch?v=9VDxreG9SZg

https://www.youtube.com/watch?v=ZMAU8MmoFsA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *