oleh

Debut De Boer Melatih Belanda Berakhir dengan Kekalahan

AMSTERDAM I Frank de Boer menjalani debut buruk sebagai pelatih baru Belanda. Oranje menelan kekalahan 0-1 dari Meksiko dalam pertandingan persahabatan di Amsterdam Arena, Kamis (8/10) dini hari WIB. Meksiko pantas menjadi pemenang karena tampil lebih meyakinkan sepanjang 90 menit.

Raul Jimenez membuat beberapa peluang yang gagal dimaksimalkan pada babak pertama. Jimenez baru bisa mencetak gol dari titik putih pada menit ke-60. Meksiko mendapatkan penalti setelah Nathan Ake menarik Jimenez di area penalti.

De Boer menurunkan tim berisi pemain cadangan, dengan Teun Koopmeiners dan Owen Wijndal membuat debutnya bersama Oranje. Ia mengistirahatkan tim utama untuk pertandingan UEFA Nations League melawan Bosnia pada Senin (12/10) dan meladeni Italia pada Rabu (14/9).

Namun tidak banyak yang bisa dilakukan oleh pelatih yang menggantikan Ronald Koeman tersebut. Belanda tak menggigit dalam serangan dan membuat beberapa kesalahan di pertahanan yang menghasilkan peluang bagi Meksiko untuk mencetak gol.

Jimenez dan Jesus Corona menyiakan peluang sebelum turun minum, sementara satu-satunya tembakan dari tim tuan rumah datang ketika tembakann Ryan Babel melebar.

Penjaga gawang Tim Krul, yang memainkan pemain internasional pertamanya dalam lima tahun, membuat penyelamatan brilian pada menit ke-55 untuk menahan Corona mencetak gol dari jarak dekat. Sayangnya, Krul yang biasanya piawai dalam menahan penalti tidak bisa mengadang sepakan Jimenez dari titik putih.

Gol itu tampaknya sesaat membangunkan tim Belanda, tetapi justru Corona yang hampir menambah keunggulan Meksiko dengan tembakan pada menit ke-75. Kali ini Krul dengan baik menghentikannya.

Luuk de Jong dan Memphis Depay melewatkan kesempatan terakhir untuk menyamakan kedudukan. Sundulan awal De Jong diselamatkan dan bola liar disambar Depay tapi tak berbuah gol.

“Selalu mengecewakan kalah, tapi yang terbaik adalah tidak memainkan tim terkuat kami,” kata De Boer kepada televisi Belanda memberikan alasan kekalahan.

“Tapi kami memulai dengan buruk, membuat terlalu banyak kesalahan yang tidak perlu dan tidak masuk ke permainan kami sendiri. Tentu saja kami bisa melakukan lebih baik.”

Belanda akan berangkat pada Sabtu untuk pertandingan mereka di Zenica melawan Bosnia. Adapun Meksiko tetap di Belanda untuk pertandingan persahabatan melawan juara Afrika Aljazair di Den Haag, tengah pekan depan. [republika.co.id]

Komentar

Berita Lainnya