pemkab muba pemkab muba
Cek Fakta

Cek Fakta: [Hoax] Posko KKN Kebakaran, Mahasiswa KKN UIN Raden Fatah Diusir Warga

59
×

Cek Fakta: [Hoax] Posko KKN Kebakaran, Mahasiswa KKN UIN Raden Fatah Diusir Warga

Sebarkan artikel ini
Tim Cek Fakta Beritamusi.co.id
pemkab muba

BERITAMUSI – Hari Ahad (12/2/2024) beredar hasil tangkapan layar (screenshot) pesan WhatsApp di grup peserta KKN UIN Raden Fatah Palembang. Dalam pesan tersebut disampaikan info bahwa terjadi kebakaran di posko KKN mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang yang berada di daerah Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan.

Kebakaran ini diduga akibat ada yang lupa mematikan kompor. Selanjutnya dalam pesan itu juga disampaikan bahwa mahasiswa UIN Raden Fatah yang melakukan KKN di lokasi tersebut diusir oleh warga setempat.

Kami melakukan pengecekan keaslian foto yang ada pada pesan di atas menggunakan Google Lens untuk melihat kecocokan gambar dengan gambar lainnya. Dari hasil penelusuran foto dinyatakan bahwa foto tersebut asli diambil oleh HP seorang warga. Kemudian, kami menghubungi pihak UIN untuk mengonfirmasi berita tersebut.

Menurut penuturan dosen pembimbing lapangan Sandy Wijaya S.Sy MH melalui pesan WhatsApp, kebakaran terjadi di Kelurahan Serasan Jaya Kecamatan Sekayu.

“Ini di daerah Kelurahan Serasan Jaya, pak. Deket posko mahasiswa KKN. Kbtln kmi DPL nya. Faktor penyebabnya, mhssw dpt info dr pemlik rumah adlh krn korsleting listrik,” balasnya melalui pesan WhatsApp.

Berdasarkan hasil investigasi lapangan, ditemukan bahwa kebakaran tersebut terjadi disalah satu rumah warga yang berada di depan posko mahasiswa KKN UIN Raden Fatah. Dalam pesan tersebut dijelaskan bahwa penyebab kebakaran adalah karena korsleting listrik yang ada di rumah itu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *