oleh

40 Klub Ramaikan Kejuaraan Badminton Elang Nusantara

PALEMBANG I Walau sekarang masih pandemi covid, namun kegiatan olahraga harus tetap digelorakan, sehingga semangat untuk berprestasi tetap tetap hidup. Karena itu, diharapkan cabang olahraga (Cabor) maupun Komite Olahraga Nasional (KONI) terus meningkatkan kolaborasi, bagaimana event olahraga tetap jalan, tentu dengan batasan dan mengedepankan protokol kesehatan.

“Olahraga ini harus terus digelorakan, agar atlet terus tetap semangat dan termotivasi memacu prestasi,” kata Gubernur Sumsel, H Herman Deru saat membuka Kejuaraan Bulutangkis Elang Nusantara Cup I di Graha Bandara Insani, Talang Jambi, Palembang, Minggu (23/1/2021).

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain, Ketum KONI Sumsel, Hendri Zainuddin, Ketua PBSI Sumsel, Amrullah, Ketua PBSI Palembang, Ratu Dewan, dan Ketua Klub Elang Nusantara, M Nasir.

Menurut gubernur, bulutangkis merupakan olahraga favorit di Indonesia, termasuk di wilayah Sumsel. Karena itu, dia meminta PBSI terus maksimal membina atlet, sehingga dapat meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Salah satu caranya terus menggelar even, termasuk tingkat sekolah dan umum.

Pada kesempatan itu gubernur meminta pihak sponsor Bank Sumsel Babel, menambah hadiah bagi para pemenang. “Bila sebelumnya panitia kejuaraan ini melaporkan total hadiah Rp19,5 juta, maka saya minta ditambah hadiahnya dua kali dari jumlah tersebut. Biar atlet tambah semangat,” tegas Deru disambut para atlet yang hadir.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Refly, mengatakan kejuaraan tersebut diikuti 40 klub se-Sumsel, yang akan mengikuti pertandingan beregu. Mereka tergabung dalam kelompok dewasa, dengan batasan atlet level Sumsel maksimal dua orang dalam satu klub. Masing-masing klub mengirim minimal lima pemain, dengan asumsi satu single dan dua ganda.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda PBSI Sumsel, karena itu para wasit dan hakim garis semuanya berasal dari PBSI,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Ketua PBSI Sumsel Amrullah, mengatakan bahwa PBSI mendukung sepenuhnya kejuaraan-kejuaraan bulutangkis. Untuk tahun 2021 ini ada sejumlah agenda akan dilakukan bila sudah ada sinyal dibolehkan oleh PBSI pusat, antara lain Semen Baturaja Cup, Kapolda Cup, Gubernur Super series, dan lainnya.

Sementara Ketum KONI Sumsel, Hendri Zainuddin mengatakan, pihaknya akan memberikan kesempatan seluasnya pada Cabor untuk gelar kejuaraan.

“Bulutangkis ini salah satu cabor yang akan ikut PON Papua, kita harap nantinya mereka menorehkan pretasi, dan ini tugas kita bersama, KONI, PBSI dan semua pihak,” katanya. (Fen)

Komentar

Berita Lainnya