oleh

Varane Jadi Penjualan Terbesar Keempat Real Madrid

MADRID I Real Madrid telah mencapai kesepakatan dengan Manchester United soal kepindahan bek tengah asal Prancis, Raphael Varane. Kendati tidak menyebutkan besaran nilai transfer Varane dalam pernyataan resminya, Los Blancos disebut-sebut bakal menerima dana sebesar 50 juta euro dari penjualan bek tengah berusia 28 tahun tersebut.

Dengan nilai transfer tersebut, bek timnas Prancis itu pun tercatat menjadi salah satu pemain dengan nilai jual terbesar yang pernah diterima klub asal Ibu Kota Spanyol tersebut. Varane menempati peringkat keempat dalam daftar pemain dengan nilai jual termahal Real Madrid.

Peringkat pertama di daftar tersebut ditempati oleh Cristiano Ronaldo, yang dilepas Madrid dengan banderol transfer sebesar 108 juta euro ke Juventus pada 2018. Sementara di posisi kedua, ada nama Alvaro Morata yang dilego ke Chelsea dengan nilai jual sebesar 80 juta euro pada 2017 silam. Sedangkan Angel Di Maria berada satu tingkat di atas Varane saat dilepas Madrid dengan nilai transfer sebesar 75 juta euro pada 2014 lalu.

”Namun, besaran nilai transfer Varane ini terlihat makin impresif lantaran Real Madrid mendapatkan dana tersebut di tengah tekanan terhadap keuangan klub-klub Eropa akibat pandemi Covid-19,” tulis laporan Marca, Rabu (28/7).

Varane didatangkan Los Blancos dari Lens saat masih berusia 18 tahun pada 2011 silam. Pada saat itu, Madrid hanya membayar sebesar 10 juta euro untuk bisa mendatangkan Varane. 10 tahun berselang, banderol transfer Varane meningkat lima kali lipat.

Dari segi perbedaan margin tersebut, penjualan Varane tentu menjadi bisnis yang menguntungkan buat Los Blancos. Terlebih, Madrid juga terhindar dari kemungkinan kehilangan Varane dengan status free tranfer pada akhir musim ini.

Pasalnya, pada saat itu, kontraknya bersama Madrid telah berakhir. Pun dengan kontribusi yang telah diberikan Varane selama memperkuat Los Blancos.

Dalam satu dekade terakhir membela Madrid, Varane terbukti mampu secara perlahan menjadi andalan di jantung pertahanan Los Blancos. Total, Varane telah tampil di 360 laga di semua ajang dan menyumbangkan tiga trofi La Liga Spanyol dan empat trofi Liga Champions. [republika.co.id]

Komentar

Berita Lainnya