oleh

Pogba dan Diallo Bawa Bendera Palestina, Ini Sikap Solskjaer

MANCHESTER I Dua penggawa Manchester United, Paul Pogba dan Amad Diallo, terlihat mengibarkan bendera Palestina usai United ditahan imbang Fulham, 1-1, pada pekan ke-37 Liga Primer Inggris, Rabu (19/5) dini hari WIB.

Aksi ini dinilai sebagai bentuk solidaritas dan dukungan terhadap Palestina menyusul kian tajamnya konflik antara Palestina-Israel dalam beberapa pekan terakhir. Laga yang digelar di Stadion Old Trafford itu dihadiri sekitar 10 ribu penonton.

Itu menjadi laga pertama di Old Trafford, yang dihadiri langsung oleh penonton setelah Pemerintah Inggris melonggarkan kebijakan lockdown terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

Dalam laga itu, United ditahan imbang tamunya, 1-1. Pasca laga, Pogba dan Diallo terlihat mengibarkan bendera Palestina sembari mengitari lapangan Stadion Old Trafford.

Aksi ini diketahui sebagai aksi dukungan terhadap Palestina. Dalam beberapa pekan terakhir, ketegangan antara Palestina dan Israel terus memuncak di wilayah Jerusalem Timur.

Aksi serdadu zionis Israel yang melakukan serangan di kompleks Masjid Al-Aqsa, dibalas oleh berbagai serangan roket dari Hamas, kelompok pejuang Palestina. Serangan roket Hamas itu kemudian direspon militer Israel lewat berbagai serangan udara ke wilayah Gaza, Palestina.

Hingga tengah pekan ini, lebih dari 200 orang penduduk Palestina di Gaza dilaporkan meninggal dunia, termasuk 50 anak-anak.

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, pun angkat bicara terkait aksi yang dilakukan Pogba dan Diallo pasca laga kontra Fulham tersebut.

Menurut pelatih asal Norwegia, skuad United saat ini berasal dari berbagai latar belakang budaya, agama, dan negara. Karena itu, berbagai pandangan apapun harus mendapatkan tempat dan dihormati, termasuk pandangan dari Pogba dan Diallo terkait konflik Palestina-Israel.

”Saya kira, kami harus menghormati pandangan mereka. Jika mereka memiliki pandangan lain, jika para pemain memiliki pandangan dan berpikir soal hal lain di luar sepak bola, maka hal itu adalah sesuatu yang positif,” kata Solskjaer seperti dilansir The Athletic, Rabu (19/5).

Tidak berhenti sampai disitu, Solskjaer pun memberi contoh dampak yang diberikan penyerang United, Marcus Rashford, saat terlibat dalam kampanye sosial di Inggris, beberapa waktu lalu.

”Kita telah melihat bagaimana mereka bisa membuat perubahan, misalnya Rashford dengan segala dampak yang dia hadirkan. Kami menghormati, hak seseorang untuk memiliki pandangan yang berbeda,” tutur eks pelatih Cardiff City itu.

Aksi dukungan terhadap Palestina, yang dilakukan oleh Pogba dan Diallo, ini sebenarnya bukan yang pertama terjadi di pentas sepak bola Inggris sejak memanasnya konflik Palestina-Israel.

Pasca partai final Piala FA, akhir pekan lalu, dua penggawa Leicester City, Hamza Choudhoury dan Wesley Fofana, terlihat mengibarkan bendera Palestina. Bahkan, Choudhoury terlihat menggunakan bendera Palestina saat menerima medali kemenangan Piala FA. [republika.co.id]

Komentar

Berita Lainnya