pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Lahat

Pj Bupati Lahat Dukung Beras Serunting Sakti Produksi Petani Lokal

117
×

Pj Bupati Lahat Dukung Beras Serunting Sakti Produksi Petani Lokal

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

Lahat – Untuk meningkatkan produktivitas beras organik dan mendukung peningkatan kesejahteraan petani padi lokal, PJ Bupati Lahat, Muhammad Farid SSTP MSi, sangat mendukung adanya beras kampilan produksi petani lokal, yang bermerek “Beras Serunting Sakti”.

Beras Serunting Sakti produksi petani padi di Kabupaten Lahat ini, pertama kali dilihat Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid, ketika membuka kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat di lapangan sepak bola Kelurahan RD PJKA Bandaragung, Senin (1/4/2024) lalu.

Muhammad Farid mengatakan, untuk meningkatkan kesejahteraan petani padi di Lahat, OPD terkait harus menyiapkan berbagai skenario, yang dibuat dalam bentuk program dari hulu hingga hilir secara berkesinambungan. Mengingat mayoritas masyarakat Kabupaten Lahat ini merupakan petani, salah satunya petani padi.

“Jika ini memang berasal dari petani lokal, ini sangat bagus, ini harus didukung. Bila perlu, nanti ajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengkonsumsi beras ini, minimal beli 10 kilogram beras ini perbulan,” ujar Muhammad Farid, beberapa waktu lalu.

Muhammad Farid menjelaskan, untuk skenario di bagian hulu, dilakukan dengan cara memberikan bantuan alsintan, pupuk hingga bibit pertanian ke kelompok tani. Sementara di bagian hilir, menggulirkan gerakan cinta produk lokal. Yakni, beras hasil produksi petani lokal di Kabupaten Lahat disiapkan untuk diserap secara langsung oleh masyarakat Lahat.

“Bayangkan, jika seluruh ASN mengonsumsi beras produk dari petani lokal, pasti akan meningkatkan perputaran ekonomi di Lahat. Petani kita juga akan termotivasi untuk meningkatkan hasil produksi,” sampainya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat, Ibni Noris, didampingi Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan, Alfatah Dwi Putra menuturkan, beras kampilan Serunting Sakti ini merupakan beras produksi petani lokal, yang berasal dari gabah-gabah petani padi di Kabupaten Lahat. Meski nama beras Serunting Sakti ini belum terlalu dikenal, namun terus eksis mengisi sejumlah pasar di Lahat.

“Rencana Pj Bupati Lahat yang ingin beras petani lokal ini dikonsumsi juga oleh ASN, tentu sangat didukung petani lokal kita. Petani lokal pasti lebih semangat meningkatkan produksi, karena juga akan berimbas pada meningkatkan keuntungan petani lokal kita,” tuturnya, Senin (15/4/2024). Sfr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *