oleh

‘Peta’ Sekolah Sihir Selain Hogwarts

Kastel Hogwarts di Studio Harry Potter. (Dan Kitwood/Getty Images)
Kastel Hogwarts di Studio Harry Potter. (Dan Kitwood/Getty Images)

JAKARTA I Sekolah sihir ternyata bukan hanya Hogwarts dan berlokasi di London. Penulis buku laris Harry Potter, JK Rowling meliarkan imajinasinya soal keberadaan sekolah-sekolah sihir lain di luar Eropa semata.

Rowling bukan hanya “ibu” dari tiga karakter utama Harry Potter. Ia juga “otak” dari semua imajinasi yang tertuang dalam tujuh jilid buku itu. Mulai sekolah sihir, peralatannya, sampai olahraganya.

Baru-baru ini Rowling melanjutkan imajinasinya di Pottermore, situs untuk penggemar Harry Potter, tentang sekolah sihir. Kata Rowling seperti dikutip The Guardian, Hogwarts punya 11 “pesaing.”

Empat di antaranya berlokasi di Jepang, Brasil, Afrika, dan Amerika Serikat.

Mahoutokoro di Jepang adalah “pesaing” yang pertama. Sekolah sihir itu terletak di puncak tertinggi pulau Minami Iwo Jima. Murid-murid di sana disebut Rowling telah belajar sihir sejak berumur tujuh tahun.

Saat menginjak usia ke-11, mereka akan mengenakan jubah yang dapat berubah warna sesuai kemampuan yang semakin maju di tiap umurnya. Dimulai dari warna merah muda yang samar dan akan berubah ke warna emas bila sudah di tahap teratas pembelajaran.

“Tapi bila jubah berubah menjadi putih, itu menandakan siswa telah mengkhianati kode penyihir Jepang dan mengadopsi praktik-praktik ilegal yang di Eropa disebut sihir gelap,” Rowling menjelaskan.

Mahoutokoro juga dikenal karena kelebihannya bermain Quidditch.

Sekolah sihir ke-dua ada di Brasil. Bernama Castelobruxo, lokasinya tersembunyi di dalam hutan dan dilindungi oleh Caipora, makhluk kecil dan berbulu yang lincah, nakal, dan sulit diatur.

Sekolah sihir itu dibentuk seperti kuil emas. Sama seperti Mahoutokoro, para muridnya juga mengenakan jubah. Namun, jubah yang dikenakan berwarna hijau. Murid Castelbruxo terkenal akan kemampuan mereka dalam bidang Herbology dan Magizoology.

Ke-tiga, ada Uagadou yang terletak di Afrika. Tidak ada “alamat” pasti. Hanya keberadaannya sering disebut Mountains of the Moon atau Pegunungan Bulan. Bangunan sekolah itu sering diselimuti kabut, sehingga telihat seolah melayang.

Murid-murid Uagado terkenal akan keahliannya dalam ilmu astronomi, kimia, dan transfigurasi alias perubahan wujud.

Sekolah sihir ke-empat adalah Ilvermorny yang terletak di Amerika Utara. Detail tentang murid-muridnya tak diungkap oleh Rowling. Namun, Rowling sudah pernah menyinggung soal Uagado di Twitter-nya.

Saat itu Rowling juga menyebut dirinya sedang membuat proyek film lepas Harry Potter yang disebut-sebut sebagai cerita prekuelnya, Fantastic Beasts and Where to Find Them. Film yang dibintangi Eddie Redmayne itu rilis November mendatang.(CNN)

Komentar

Berita Lainnya