oleh

OKI Telah Menanam 30,4 juta Batang Pohon

Wakil Bupati OKI, M Rifa'i SE saat melakukan penanaman pohon di hutan kota kayuagung.
Wakil Bupati OKI, M Rifa’i SE saat melakukan penanaman pohon di hutan kota kayuagung.

KAYUAGUNG I Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan sejak Februari 2014 hingga Desember 2015 telah merealisasikan penanaman pohon sebanyak 30.449.500 batang, dari target 30 juta batang.

Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten OKI, Rosidi mengatakan, sejak dicanangkannya gerakan menanam satu miliar pohon, Kabupaten OKI komitmen merealisasikan gerakan tersebut.

“Bersama PKK, Pelajar, Kepolisian, TNI dan Perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI), kita terus melakukan penanaman di semua titik. Sehingga penanaman pohon di OKI tahun 2015 sudah terealisasi 30.449.500 batang,” katanya pada peringatan hari menanam pohon indonesia dan bulan menanam nasional di hutan Kota Kayuagung , Selasa (22/12/2015).

Dilanjutkan, dari jumlah 30.449.500 batang pohon tersebut, hasil penanaman yang dilakukan oleh semua unsur, mencapai 581.300 batang, terdiri 25 jenis. Kemudian kegiatan penghijauan oleh Kodim 0402 OKI sebanyak 100 batang, ditambah penanaman oleh Sinarmas Group, yang bergerak di bidang HTI sebanyak 29.868.100 batang.

“Sebenarnya realisasi ini melebihi dari target yang kita patok sebanyak 30 juta batang. Namun, semakin banyak akan semakin baik untuk menjaga kelestarian lingkungan,” katanya lagi.

Dijelaskan, sejak tahun 2011 Kabupaten OKI  sudah menanam sebanyak 36 juta batang pohon, kemudian tahun 2012 sebanyak 42 juta batang pohon. Hasil penanaman yang dilakukan oleh Pemerintah, Pelajar dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) OKI. Selain itu, juga didukung oleh perusahaan yang bergerak di bidang HTI yang beroperasi di OKI.

Wilayah yang menjadi target penghijauan, yakni seluruh Kecamatan yang tersebar di Kabupaten OKI. Terutama di lingkungan kantor Pemerintah dan lingkungan sekolah.

“Beberapa wilayah yang memiliki kantor Pemerintah dan gedung sekolah adalah lahan potensial untuk penghijauan,” ungkapnya.

Wakil Bupati OKI, M. Rifa’i berharap, terbentuknya ekosistem hutan yang baik hasil gerakan penanaman pohon ini. Berperan sebagai pengatur tata air yang menjamin kualitas dan
kuantitas aliran sungai dan air .

“Kegiatan ini bukan hanya seremonial menanam pohon saja. Kita harapkan melalui kegiatan tanam ini mampu menyumbang jumlah pohon yang  tertanam secara Nasional lebih banyak lagi. Bertujuan untuk menyelamatkan ekosistem dan lingkungan kita sendiri,” singkatnya. (Romi Maradona)

Komentar

Berita Lainnya