pemkab muba pemkab muba
Agri Farming

Warga Lahat Diingatkan Jangan Asal Beli Bibit Sawit

371
×

Warga Lahat Diingatkan Jangan Asal Beli Bibit Sawit

Sebarkan artikel ini
Cik Ujang, saat melaunching penangkar bibit sawit unggul dan mobil PSR Lahat Bercahaya.
pemkab muba pemkab muba

Beritamusi.co.id – Dinas Perkebunan (Disbun) Sumsel menyebut, Kabupaten Lahat wilayah kaya sumber daya alam. Dari 16 juta hektar sawit di Indonesia, 1,2 juta hektar di Sumsel, 57 ribu hektar di Kabupaten Lahat. Dari 57 ribu hektar itu, 30 ribu hektar milik perusahaan, 792 plasma, sisanya 26.208 hektar merupakan sawit rakyat.

Selama ini kebutuhan bibit sawit di Kabupaten Lahat, berasal dari daerah luar. Tak sedikit juga petani yang membeli bibit asalan di pembibitan yang ilegal sehingga banyak perkebunan sawit rakyat, hasilnya kurang maksimal. Untuk membasmi penangkar liar, Pemkab Lahat sendiri kini memiliki penangkar resmi di Kelurahan Sari Bungamas. Penangkar ini juga menjadi solusi bagi petani agar tidak asal lagi dalam membeli bibit.

Kepala Dinas Perkebunan Lahat, Vivi Anggraini SSTP MSi, Lahat mengatakan akhirnya kini Lahat punya penangkaran bibit sawit sendiri. Dengan begitu, kedepan petani sawit tidak lagi kesulitan mencari bibit unggul, yang hasilnya bakal mampu mengangkat perekonomian petani sawit di Lahat.

“Ya perdana di Lahat, namanya Ngundi Rayahu. Ini langkah Pemkab Lahat, agar petani sawit dapat meningkatkan produksi dan mutu kualitas buah. Sehingga pendapatan petani meningkat, perekonomian di Lahat juga meningkat,. Dengan adanya penangkar resmi ini maka jangan lagi beli asalan, ” ujar Vivi, Senin (26/9).

Ir Agus Darwa MSi, Kepala Dinas Perkebunan Sumsel menyebut, dirinya telah berikan rekomendasi izin penangkaran bibit unggul di Kabupaten Lahat. Pasalnya saat ini banyak sekali penangkar ilegal yang menjual bibit sawit. Dimana hasilnya Mala buat rugi petani.

“Saya yakin, kedepan Lahat akan terkenal sebagai penyedia bibit unggul sawit,” sebutnya.

Sementara, Bupati Lahat Cik Ujang SH mengatakan, perkebunan merupakan sektor yang paling tangguh. Dirinya bangga kepada penangkar bibit unggul Ngundi Rahayu. Semoga bisa memotivasi penangkar lain untuk berbenah, melakukan penangkapan sesuai aturan.

“Dengan bibit unggulan, buahnya akan maksimal. Dengan adanya penangkar bibit ini, kedepan petani sawit bisa sejahtera. Karena hasil buah yang berlimpah,” kata Cik Ujang, saat melaunching penangkar bibit sawit unggul dan mobil PSR Lahat Bercahaya. (Safitri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *