pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Agri Farming

Musi Banyuasin Lumbung Padi Bukan Sekadar Mimpi

50
×

Musi Banyuasin Lumbung Padi Bukan Sekadar Mimpi

Sebarkan artikel ini
IMG-20210303-WA0071
pemkab muba

* Sawah Lebak di Muba Bisa Panen Tiga Kali dalam Setahun

SANGA DESA – Menyaksikan hamparan hijau persawahan di lahan seluas 141 hektar Kecamatan Sangat Desa bikin mata terpana. Siapa sangka di atas lahan sawah lebak petani leluasa bertanam dan mampu panen hingga 1.600 ton beras tiga kali pertahun.

Lahan sawah lebak yang mampu menghasilkan padi yang sangat maksimal, ini buah manis intervensi Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin di bawah kepemimpinan Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA. Tentus aja semangat para petani yang sangat maksimal meningkatkan produktivitas dari hasil persawahan patut dapat acungan jempol.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA, mengatakan jika kebun sawit dan karet luas dan banyak tentu lumrah, namun untuk padi sawah tidak banyak daerah yang memiliki lahan terbentang luas.

“Menjadi kebanggaan sendiri bagi warga Sanga Desa, tidak disangka sawah lebak saja di Muba ini bisa panen sampai tiga kali dalam setahun,” ungkap Kepala Daerah Inovatif itu di sela Kunjungan kerja dalam rangka Panen Raya Padi Kampung Tangguh Musi Sanga Desa sekaligus silaturahmi dengan Tokoh Masyarakat di Persawahan Rangkawe Kelurahan Ngulak 1 Kecamatan Sanga Desa, Rabu (3/3/2021).

“Saya ucapkan selamat kepada para petani di Kecamatan Sanga Desa atas keberhasilan menanam padi di lahan seluas 141 hektar yang mampu menghasilkan kurnag lebih 1.600 ton beras, dipanen tiga kali dalam satu tahun,” tambahnya.

Lanjut Dodi, apa yang kurang untuk kebutuhan para petani di Sanga Desa akan dilengkapi. “Sehingga bisa menjadi lumbung pangan bukan hanya di tingkat Kecamatan Sanga Desa tapi di Kabupaten Muba,” harapnya.

Bupati Dodi juga mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga 5M di masa pamdemi COVID-19 ini. “Walaupun secara bertahap sudah divaksin, namun harus tetap menajaa diri supaya tidak terpapar COVID-19 apalagi menularkan ke orang lain,” ujarnya.

Tokoh Masyarakat Sanga Desa, Kunci (65) mengatakan dibawah kepemimpinan Bupati Dodi Reza mewujudkan Muba sebagai lumbung padi bukan hanya sekedar mimpi dan cita-cita, namun dapat terealisasi di Muba khususnya di Kecamatan Sanga Desa.

“Ini terbukti, kami di Sanga Desa meski hanya di lahan Sawah Lebak tetapi bisa panen tiga kali dalam waktu satu tahun, tentu hasil dan perolehan ini tidak terlepas dari dukungan dan support dari pak Bupati Dodi Reza,” ungkapnya.

Ia berharap, Pemkab Muba melalui Bupati Dodi Reza terus memberikan perhatian yang maksimal kepada petani di Muba sehingga tingkat kesejahteraan warga di Muba terus meningkat.

“Kami ucapkan Terima kasih ke pak Bupati Dodi, semoga selalu memperhatikan warga Muba dan tetap berkiprah untuk kemahslatan banyak umat,” harapnya.

Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya SH SIk, menyebutkan, aspek penilaian tertinggi Kampung Tangguh adalah program ketahanan pangan, Desa Ngulak mampu menjadi cadangan strategis pangan di Kabupaten Muba hingga cadangan strategis nasional dengan luasan wilayah 141 hektar.

“Sehingga mampu menjadi daya ungkit untuk meningkatkan kemandirian dan daya saing ekonomi dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional,” tandasnya. (Endang S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *