oleh

Pemkab Lahat Kucurkan Air Bersih ke Dua Desa

LAHAT – Setelah sekian lama menanti, keinginan warga dua desa di Kabupaten Lahat, akhirnya akan segera terwujud. Melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) air minum tahun anggaran 2020, dua desa ini akan menikmati pasokan air bersih.

Hal ini seperti dikatakan Kepala Dinas Pemukiman Rakyat Kawasan Perumahan dan Pertanahan (PRKPP), Kabupaten Lahat, Limra Naupan ST MT melalui Kabid Kawasan Permukiman dan Penyehatan Lingkungan, Leni Marlena ST. Diungkapknya, dua desa yang mendapatkan program air minum yang bersumber dari APBD tersebut yakni Desa Tunggul Bute, Kecamatan Kota Agung dan Desa Geramat, Kecamatan Merapi Selatan.

Sedangkan total panjang jaringan perpipaan distribu sekitar 3.800 meter. “Sebenarnya ada banyak desa yang kita usulkan untuk dibiayai melalui dana DAK Air Minum. Dari sekian desa yang diusulkan, dua desa tersebut yang disetujui oleh kementerian, karena telah memenuhi kriteria sebagai desa penerima,” ujarnya, Rabu (3/3/2021).

Program tersebut, dapat melayani 260 sambungan rumah dengan sumber mata air pengaliran dengan sistem gravitasi. Tak hanya itu, masyarakat juga berperan penting dalam pelaksanaan porogram tersebut, mengingat mulai dari perencanaan sampai pemeliharaan dilakukan diolah oleh masyarakat. “Ya, Swakelola. Pemda hanya memfasilitasi,” terangnya. (Sfr)

Komentar

Berita Lainnya