oleh

Messi Bantu Barcelona Taklukkan Real Betis

SPANYOL I Lionel Messi menjadi pahlawan bagi Barcelona saat menjamu Real Betis pada laga pekan kesembilan La Liga Spanyol di Camp Nou, Sabtu (7/11). Masuk pada babak kedua, Messi mencetak dua gol untuk mengantarkan Barcelona membekap Betis dengan skor telak 5-2.

Kemenangan ini mengatrol Blaugrana dari sebelumnya peringkat ke-13 ke posisi delapan tabel klasemen dengan nilai 11, terpaut enam poin dari pemuncak klasemen Real Sociedad. Namun Barcelona baru menjalani tujuh pertandingan. Sementara Betis berada di posisi tujuh dengan nilai 12, hasil empat kali  menang dan lima kali kalah.

Jalannya laga  

Tuan rumah mengambil inistiatif penyerangan sejak pertandingan dimulai. Pada menit kelima, penyerang Blaugrana Antoine Griezmann memperoleh peluang emas. Griezmann berdiri bebas di kotak penalti Betis saat menyambut umpan Ansu Fati. Sepakan keras eks Atletico Madrid itu melenceng tipis di samping kanan tiang gawang tim tamu.

Tiga menit berselang giliran Los Verdiblancos memperoleh kans. Christian Tello dan William Carvalho membuat lini bertahan Blaugrana kocar-kacir. Marc-Andre ter Stegen sigap menepis ancaman yang datang.

Barcelona tak tinggal diam. Pada menit kesembilan Fati menebar ancaman. Dalam 10 menit awal jual beli serangan terlihat di Camp Nou.

Pada menit ke-22, Barca akhirnya memecah kebuntuan lewat Ousmane Dembele. Tendangan keras penyerang sayap asal Prancis setelah menerima operan Griezmann merobek jala Bravo.

Dua menit lamana wasit menghentikan jalannya laga. Sang pengadil mengecek keabsahan gol Dembele.  Setelah memantau VAR, angka di papan skor tidak berubah. Dembele dalam posisi on side ketika mendapat umpan Griezmann.

Pada menit ke-31, bek Real Betis Aissa Mandi, menjatuhkan Fati di area terlarang. Wasit menunjuk titik putih. Griezmann yang menjadi algojo, gagal menjalankan tugasnya dengan baik, dua menit kemudian. Tendangan andalan tim nasional Prancis itu bisa ditepis Bravo.

Pada menit ke-38, tim tamu memperoleh peluang untuk meyamakan kedudukan. Sayang, sepakan Tello masih melambung di atas mistar gawang Ter Stegen. Barulah pada injury time babak pertama, Antonio Sanabria berhasil membobol gawang Ter Stegen. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Usai jeda, pelatih Barcelona Ronald Koeman menarik Fati. Sebagai gantinya, ia memasukkan Lionel Messi sejak awal paruh kedua.

Tiga menit berselang, Griezmann membayar lunas kegagalannya mencetak gol pada babak pertama. Jagoan Les Bleus itu mengubah kedudukan menjadi 2-1 setelah mendapat umpan Jordi Alba.

Pada menit ke-55, Sanabria nyaris membobol gawang Barca kedua kalinya. Kali ini sepakan jarak dekat penyerang 24 tahun itu bisa diblok Ter Stegen.

Empat menit berselang, tuan rumah kembali mendapatkan penalti. Tangan Aissa Mandi bergerak aktif saat menghalau tembakan Dembele di area terlarang. Sudah jatuh tertimpa tangga. Sang bek mendapat kartu kuning kedua, alias kartu merah.

Messi yang menjadi algojo berhasil memperdaya Bravo, pada menit ke-61. Tembakan La Pulga tak mampu ditepis penjaga gawang asal Cile itu. Dalam keadaan memimpin 3-1, sekaligus unggul jumlah pemain, membuat raksasa Katalunya ini semakin di atas angin.

Koeman menarik Dembele pada menit ke-66. Sebagai gantinya, ia memasukkam Trincao.  Barcelona leluasa menguasai permainan. Peluang demi peluang diciptakan para penggawa tuan rumah.

Di luar dugaan Betis mampu mencuri gol pada menit ke-74. Sontekan pemain pengganti Loren Moron, merobek jala Ter Stegen.

Tersengat situasi tersebut, Barca menaikkan intensitas serangan. Awak Blaugarna terus mengurung pertahanan Verderones.

Pada menit ke-78, Koeman menarik Griezmann dan memasukkan Martin Braithwaite. Empat berselang, Messi membuat tuan rumah kembali menjauh. Sepakan keras La Pulga menembus gawang Betis.

Pada menit ke-86, giliran Miralem Pjanic menggantikan Sergio Busquets. Dua  menit setelah Pjanic masuk, Messi nyaris membuat hat-trick.  Kali ini tendangan kapten Barcelona itu bisa diblok Bravo.

Pada menit ke-89, Pedri semakin mempertegas keunggulan El Barca. Skor 5-2 untuk Bluagrana bertahan hingga laga usai. [sumber : republika.co.id]

Komentar

Berita Lainnya