oleh

Lazio Taklukkan Juventus di Stadion Olimpico

ITALIA I Lazio mengamankan poin penuh saat menjamu Juventus pada laga pekan ke-15 Liga Italia di Stadion Olimpico, Ahad (8/12) dini hari WIB. Lazio sukses mengalahkan Juventus dengan skor 3-1.

Hasil ini memantapkan Lazio di posisi ketiga klasemen sementara dengan nilai 33. Lazio hanya berjarak tiga poin dari Juventus di posisi kedua dan lima angka dari Inter Milan di puncak klasemen.

Kemenangan Lazio juga menahan ambisi Juventus kembali ke puncak klasemen. Sebab sehari sebelumnya, Inter hanya bermain imbang tanpa gol ketika meladeni AS Roma.

Jalannya laga

Lazio tak silau dengan nama besar Juventus. Tuan rumah langsung menekan tamunya sejak awal. Peluang pertama didapatkan oleh Ciro Immobile pada menit kelima saat mendapat ruang tembak di kotak penalti Juventus. Namun Immobile dimentahkan barisan pertahanan Juventus

Sejurus kemudian, Joaquin Correa mendapat peluang saat menerima umpan di bagian tengah kotak 16. Namun tandukan Correa belum menemui sasaran.

Sebaliknya, Juventus mendapatkan peluang pertamanya pada menit ke-10 melalui tendangan kaki kanan Paulo Dybala meneruskan umpan dari Rodrigo Bentancur. Namun, tendangan Dybala yang mengarah ke sisi bawah gawang berhasil diamankan.

Semenit berselang, Juventus hampir membuka keunggulan melalui tendangan sudut. Beruntung bagi Lazio, bola yang mengarah langsung ke gawang berhasil diamankan oleh Thomas.

Juventus kembali mendapat peluang emas pada menit ke-15 saat Ronaldo menerima bola di kotak 16 dan melanjutkannya dengan memberikan umpan kepada Bernardeschi. Beruntung bagi Lazio tandukan Bernardeshci masih meleset tipis di sisi gawang.

Ronaldo akhirnya berhasil mencetak gol pembuka bagi Juventus pada menit ke-25 melalui umpan satu-dua dengan Rodrigo Bentancur. Ronaldo yang lolos dari jebakan offside dengan mudah menyontek bola ke gawang.

Pada menit ke-35 Immobile gagal memanfaatkan peluang emas di depan gawang saat menerima umpan dari sisi kanan kotak 16. Tendangan kaki kiri Immobile masih meleset dari sasaran.

Gelombang serangan terus diberikan oleh Lazio ke lini pertahanan Juventus. Tendangan kaki kanan Stefan Radu pada menit ke-38 berhasil dimentahkan dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Selanjutnya percobaan Ciro Immobile saat terjadi kemelut di depan gawang Juventus juga berhasil diblok.

Pada menit ke-39, percobaan Luiz Felipe berhasil diblok. Satu menit berselang, Ciro kembali mendapat peluang emas saat menerima umpan di kotak 16. Namun, tandukan Ciro masih meleset di sisi gawang Juventus.

Lazio akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit pertama injury time melalui gol yang diciptakan Luiz Felipe melalui tandukan menyambut umpan dari Luis Alberto.

Setelah imbang di babak pertama, Lazio langsung menguji pertahanan Juventus pada awal babak kedua. Percobaan pertama dilakukan oleh Luis Alberto dengan melepas tendangan dari luar kotak penalti. Namun, sepakan yang mengarah ke sudut atas gawang berhasil diamankan oleh kiper Wojciech Szczesny.

Pada menit ke-63 Lazio mendapat peluang emas saat Correa mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak 16. Namun, percobaan tersebut terhenti sebelum mendekati gawang Juventus.

Semenit berselang, giliran Juventus yang mendapat peluang dari situasi bola mati. Namun, tendangan Paulo Dybala masih meleset di sisi kiri gawang. Pada menit ke-66, Dybala kembali melepaskan tembakan dari tengah kotak penalti. Namun, bola berhasil diamankan oleh kiper Thomas Strakosha.

Peluang juga dimiliki Lazio pada menit ke-67 melalui tendangan Correa. Namun, bola yang mengarah ke sudut bawah gawang berhasil diselamatkan. Pada

Menit ke-69 Lazio semakin diuntungkan saat VAR memutuskan kartu merah atas pelanggaran berat yang dilakukan Juan Cuadrado. Keunggulan jumlah pemain berhasil dimanfaatkan oleh Lazio. Pada menit ke-74 Lazio akhirnya berhasil membalikkan keadaan. Sergej Milinkovic sukses menggetarkan gawang Juventus saat menerima umpan di kotak 16 dan menyelesaikannya dengan tendangan kaki kiri.

Pada menit ke-77, Lazio mendapat hadiah penalti saat Correa dilanggar di kotak 16 oleh Szczesny. Namun, Immobile yang bertindak sebagai algojo gagal menyelesaikan tugasnya. Dua kali tendangan Immobile berhasil ditahan.

Gelombang serangan terus diberikan oleh Lazio ke lini pertahanan Juventus. Namun, hingga menit ke-85 belum ada gol tambahan tercipta. Sementara, meski bermain dengan 10 orang, Juventus tetap bisa memberikan tekanan ke lini pertahanan Lazio. Percobaan tendangan kaki kiri Emre Can di kotak 16 pada menit ke-85 berhasil diblok.

Lazio terus menekan lini pertahanan Juventus di waktu yang tersisa. Lazio akhirnya sukses menambah keunggulan pada menit kelima injury time sekaligus memastikan kemenangan. Giliran Felipe Caicedo mencatatkan namanya di papan skor untuk menutup laga dengan keunggulan 3-1. (*)

Sumber: republika.co.id

Komentar

Berita Lainnya