oleh

Juventus Gagal Boyong Tiga Poin dari Markas Verona

VERONA I Juventus urung membawa pulang tiga angka poin saat melawat ke kandang Verona pada giornata ke-24 Serie A Liga Italia, Ahad (1/3) dini hari WIB. Sempat unggul lebih dulu lewat gol Cristiano Ronaldo pada menit ke-48, Juventus terpaksa puas dengan raihan satu poin usai Antonin Barak bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-77.

Kedua tim akhirnya mesti berbagi angka setelah bermain imbang, 1-1, dalam laga yang digelar di Stadion Marc Antonio Bentegodi tersebut. Ini menjadi hasil imbang ketujuh yang ditorehkan juara bertahan Serie A tersebut dari 23 laga di pentas Serie A musim ini. Kegagalan memetik poin penuh ini membuat Juventus kian tertinggal dengan raihan poin duo tim asal Milan, yang duduk di dua posisi teratas klasemen sementara.

Si Nyonya Tua tertinggal tiga poin dari AC Milan, yang duduk di peringkat kedua. Sementara dengan Inter Milan, yang tengah duduk di puncak klasemen, Juventus terpaut tujuh poin. Kendati begitu, I Bianconeri masih bisa memangkas jarak poin ini lantaran masih mengantongi satu laga tunda, saat melakoni laga kontra Napoli pada 7 Maret mendatang.

Jalannya Pertandingan Juventus langsung menggebrak sejak awal laga. Belum genap laga berjalan satu menit, tim tamu sudah mendapatkan peluang lewat sepakan Aaron Ramsey. Sayangnya, bola hasil sepakan keras gelandang asal Wales itu masih membentur sisi gawang Verona.

Tidak berhenti di situ, pada menit keenam, Cristiano Ronaldo menebar ancaman di mulut gawang Verona. Namun, sepakan pengoleksi lima gelar Ballon d’Or itu masih bisa dihalau oleh pemain bertahan Verona.

Dua menit berselang, giliran Verona yang menciptakan peluang lewat tandukan Marco Faraoni. Peluang ini gagal berbuah gol lantaran bola masih melambung di atas mistar gawang Juventus. Aksi Federico Chiesa di dalam kotak penalti Verona pada menit ke-14 nyaris membuahkan hasil, tapi bola sepakannya masih bisa dihalau kiper Verona, Marco Silvestri.

Sementara sepakan Adrien Rabiot dari depan kotak penalti setelah menyambut umpan tarik Dejan Kulusevksi masih melebar di sisi kanan gawang I Mastini, julukan Verona. Memasuki pertengahan babak pertama, kedua tim masih saling berupaya membongkar pertahanan lawan dan mencari celah di sepertiga akhir lapangan. Tempo permainan pun terlihat sedikit menurun dibanding pada 10 menit awal laga.

Tim tuan rumah berusaha mengembangkan permainan dengan terus menguasai bola di lapangan tengah, sedangkan Juventus mengandalkan kecepatan dan kualitas teknik para penggawanya di lini depan. Kedua tim masih belum bisa memecahkan kebuntuan hingga babak pertama tinggal menyisakan lima menit laga.

Di titik ini, I Bianconeri sudah unggul dalam pengusaan bola, mencapai 58 persen. Namun, tim besutan Andrea Pirlo itu belum bisa menciptakan momen kunci untuk bisa membongkar pertahanan tim tuan rumah. Skor imbang, tanpa gol, bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

I Bianconeri akhirnya bisa mencatatkan keunggulan di laga ini, tepatnya saat babak kedua barus berjalan tiga menit. Chiesa, yang mendapatkan umpan dari Ramsey, merangsek ke dalam kotak penalti Verona dan langsung dikepung tiga pemain sekaligus. Mantan winger Fiorentina itu kemudian mengarahkan bola ke tengah kotak penalti. Ronaldo, yang berlari dari depan kotak penalti, langsung menyambut umpan tersebut sepakan kaki kanan.

Halauan Silvestri tidak mampu menahan laju bola hasil sepakan eks bintang Real Madrid tersebut. Ini menjadi gol ke-19 Ronaldo di pentas Serie A pada musim ini.

Keunggulan Juventus ini langsung direspons tuan rumah dengan sejumlah gelombang serangan. I Mastini sempat mendapatkan peluang emas pada menit ke-62. Gelandang serang Verona, Mattia Zaccagni, berhasil menerobos lini belakang Juventus. Namun, kiper I Bianconeri, Wojciech Szczesny, bereaksi dengan cepat dan lebih dulu menangkap bola sebelum sempat disepak Zaccagni.

Upaya Verona untuk menyamakan kedudukan berbuah maksimal pada menit ke-77. Sebuah skema serangan yang dibangun dari sisi kanan pertahanan Juventus mampu diselesaikan Antonin Barak lewat sundulan di depan mulut gawang.

Gelandang serang asal Ceska itu berhasil memanfaatkan keunggulan tinggi badan dalam mengatasi penjagaan Alex Sandro saat menerima umpan lambung dari Darko Lazovic. Bola tandukan Barak itu kemudian bersarang di sebelah kanan gawang Juventus tanpa mampu dihalau Szczesny.

I Mastini bahkan nyaris berbalik unggul atas tamunya itu pada menit ke-84 via sepakan keras Lahovic dari sisi kanan kotak penalti Juventus. Namun, peluang emas tim tuan rumah ini masih bisa digagalkan Szczesny.

Pada menit pertama masa injury time, Si Nyonya Tua mendapatkan peluang dari eksekusi tendangan bebas Ronaldo di depan kotak penalti Verona. Namun, peluang itu gagal berbuah gol lantaran bola masih membentur pagar betis, yang dibentuk pemain Verona. Ini menjadi kesempatan terakhir Juventus untuk bisa mencetak gol di laga tersebut. [republika.co.id]

Komentar

Berita Lainnya