pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Lahat

Jadikan Pameran Sebagai Momentum

63
×

Jadikan Pameran Sebagai Momentum

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

Lahat-Pelaksanaan pameran dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Lahat ke-155 menjadi momentum bagi Dinas Perkebunan Pemkab Lahat untuk mengenalkan komoditi perkebunan yang digarap para petani di Bumi Seganti Setungguan. Tak hanya komoditi prodak olahan hasil perkebunan juga ikut ditampilkan dalam ajang tahunan tersebut.

Kepala Dinas Perkebunan Pemkab Lahat, Vivi Anggraini, SS TP MSi, menerangkan melalui kegiatan pameran pihaknya ingin semua komoditas perkebunan di Kabupaten Lahat, dikenal oleh masyarakat luas. Tak hanya itu, pihaknya juga ingin menunjukkan jika petani petani di Kabupaten Lahat, juga memiliki kemampuan dalam mengolah perkebunan dengan bukti hasil panen yang didapat memuaskan dan berkualiras.

“Ini sekaligus ajang kita untuk memberikan dorongan dan semangat bagi kalangan petani. Bahwa jika komoditi perkebunan diola dengan baik hasilnya juga akan baik dan yang lebih penting bahwa masyakat luas itu sangat bergantung dengan komoditi komoditi pertanian. Sehingga jadi petani itu juga harus menjadi pilihan karena bisa menghasilka, ” Sampai Vivi, Kamis (16/5/2024)

Diungkapkan Vivi, komoditi pertanian yang pihaknya tampilkan seperti biji kopi, kakao, kelapa, kemiri, kulit kayu manis, buah kelapa sawit termasuk bibit kelapa sawit yang merupakan hasil penangkaran lokal yang sudah bersertifikat dan legallegal dan beberapa komoditi perkebunan lainya yang diola para petani di Kabupaten Lahat.

“Selain itu kita juga menampilkan berbagai produk olahan hasil perkebunan seperti bubuk kopi lokal yang ternyata juga saat ini digeluti petani dalam bentuk UKM. Hal ini juga sebagai upaya para petani dalam meningkatkan penghasilan. Jadi selain dijual dalam bentuk ‘mentah’ hasil perkebunan juga bisa diola, “ujarnya.

Vivi sendiri berharap inovasi dan kemandirian terus digenjot para petani untuk meningkatkan pendapafan. Sementara, pihaknya sendiri melalui program program yang sudah terencana akan terus memberika bantuan baik fisik seperti bibit, alat pertanian juga penyuluhan dan bimbingan langsung ke petani.

PJ Bupati Lahat, Muhammad Farid, SSTP MSi, menuturkan pameran selain memberikan informasi kepada masyarakat juga momentum bagi SKPD dalam semangat meningkatkan program kerja terlebih yang berkaitan dengan warga seperti komoditi perkebunan. Sfr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *