oleh

Ini Perubahan Gaya Bermain Barcelona di Bawah Koeman

BARCELONA I Ronald Koeman diharapkan bisa membawa Barcelona kembali tampil kompetitif pada musim depan ditunjuk menggantikan Quique Setien di kursi pelatih Barcelona. Demi bisa memenuhi harapan tersebut, pelatih asal Belanda itu pun tidak segan melakukan sejumlah perubahan, termasuk dalam pendekatan dan gaya bermain tim asal Katalan tersebut.

Selama ini, Barcelona dikenal sebagai tim yang menerapkan sepak bola menyerang. Namun, di bawah kendali Koeman, Blaugrana agaknya harus bisa meninggalkan anggapan tersebut. Barcelona dituntut untuk bisa tampil dengan menerapkan sepak bola bertahan, termasuk dengan menempatkan dua gelandang bertahan sekaligus via formasi 4-2-3-1.

Selama ini, Barcelona sangat jarang menurunkan formasi permainan tersebut. Namun, formasi inilah yang diterapkan Koeman di laga pra-musim perdana Barcelona, tepatnya saat membungkam Gimnastic de Tarragona, 3-1, Sabtu (13/9) waktu setempat. Di laga tersebut, eks pelatih Valencia itu menurunkan Sergio Busquets dan Carles Alena sebagai starter.

Sementara pada babak kedua, Koeman menurunkan Frenkie de Jong dan Riqui Puig sebagai gelandang bertahan. Mantan pelatih timnas Belanda itu pun mengakui ada sedikit perubahan gaya permainan yang bakal diterapkannya di Barcelona.

”Mungkin ini sedikit berbeda dan lebih bertahan dibanding yang telah diterapkan di tim ini dalam beberapa tahun terakhir,” ujar Koeman seperti dilansir Reuters, Ahad (19/9).

Kendati bereksperimen dengan menerapkan gaya permain yang lebih bertahan di Barcelona, tapi Koeman memiliki alasan yang cukup kuat. Tujuan utama memainkan dua gelandang bertahan, kata Koeman, adalah agar Barcelona memiliki kesempatan lebih lama untuk menguasai bola sembari terus membuka peluang dan mencari celah di antara lini tengah dan lini belakang tim lawan.

”Saya rasa, tim ini mampu melakukan gaya permainan seperti itu karena kami memiliki gelandang-gelandang yang bisa tampil dengan gaya seperti itu,” ujar Koeman.

Dalam laga uji coba tersebut, gol Barcelona dicetak oleh Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, dan Philipe Coutinho. Tidak hanya itu, Lionel Messi juga diturunkan di laga tersebut kendati baru bergabung bersama tim utama Barcelona pada awal pekan lalu pasca-polemik soal keinginannya meninggalkan Barcelona muncul ke permukaan.

Rencananya, Barcelona akan kembali melakoni dua laga uji coba, yaitu menghadapi Girona dan Elche, sebelum akhirnya membuka kiprah di pentas La Liga musim ini. Blaugrana telah dijadwalkan menghadapi Villarreal pada giornata perdana La Liga musim ini, 27 September atau dua pekan mendatang.

”Saat ini, kami fokus pada mengembalikan kebugaran para pemain. Setelah itu, dalam dua pekan mendatang, kami akan mematangkan soal taktik permainan. Kami hanya memiliki waktu pra-musim selama empat pekan dan hal ini cukup menyulitkan,” kata Koeman. (*)

Sumber: republika.co.id

Komentar

Berita Lainnya