oleh

HUT ke-76, Herman Deru Kuatkan Posisi Sumsel Sebagai Provinsi Lumbung Pangan Nasional 

PALEMBANG – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sumsel ke-76 tahun, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mengajak semua elemen masyarakat bahu-membahu menguatkan posisi Sumsel sebagai Provinsi Lumbung Pangan Nasional, Dinning Hall komplek Jakabaring Sport City (JSC), Selasa (17/5/2022).

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan pada rapat paripurna istimewa dengan agenda tunggal DPRD Provinsi Sumsel dalam rangka memperingati hari jadi Pemprov Sumsel yang jatuh pada 16 Mei 2022.

Dikatakan Herman Deru pada tahun 2021, telah di-launching Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang merupakan salah satu program strategis.

Program tersebut berfungsi guna mengubah mindset para petani Sumsel dari konsumen menjadi produsen. Mengubah pola hidup sebelumnya yang tergantung pada banyak pihak sekadar untuk memenuhi kebutuhan pokok agar menjadi mandiri.

Dengan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan diharapkan pendapatan petani akan meningkat, mengurangi ketergantungan pemenuhan produk pertanian dari luar, serta dimaksudkan juga memutus rantai kemiskinan.

Tema ini sangat tepat untuk mengingatkan semua pelaku pembangunan, agar secara sinergi bekerja sama dan sama-sama bekerja bahu-membahu sesuai kapasitas dan kewenangan masing-masing.

“Selain meningkatkan kemandirian pangan, hal itu dapat meningkatkan kesejahteraan petani serta menurunkan kemiskinan guna mencapai tujuan akhir pembangunan, yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat,” jelasnya.

Herman Deru memaparkan bahwa secara bertahap dan terus-menerus dirinya berupaya mewujudkan pencapaian yang positif. Hal itu terlihat dengan banyaknya reward dan penghargaan dari Pemerintah Pusat.

“Selama 3 (tiga) tahun terakhir sampai dengan tanggal 31 Desember 2021, kita telah mendapatkan 167 penghargaan. Rata-rata per minggu kita menerima 2 (dua) penghargaan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, berkat kerja sama seluruh pelaku pembangunan, kinerja pembangunan Sumsel tetap terjaga dengan baik.

“Kerjasama dan ketangguhan kita telah diuji melalui banyaknya capaian pembangunan yang diraih meskipun masih banyak tantangan dan hambatan yang dihadapi,” tegasnya.

Ia juga mengaku, Pemprov Sumsel terus berupaya pada program dan kegiatan yang merata di 17 kabupaten/kota dan memegang prinsip berkeadilan.

“Melalui bantuan keuangan bersifat khusus kepada 17 kabupaten/kota dengan mengutamakan program dan kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan pembangunan di Sumatera Selatan” jelasnya.

Ia mengajak seluruh elemen untuk introspeksi di momen HUT Sumsel, agar tahu apa yang diperbaiki dan apa saja yang perlu dipercepat dari sebelumnya.

“Ini momen untuk melakukan akselerasi pasca Covid dan melakukan lompatan besar menjadi Provinsi yang unggul dan maju,” jelas Herman Deru.

Komentar

Berita Lainnya