oleh

Hattrick Mo Salah Bawa Liverpool Menang 4-3 dari Leeds

LONDON I Pesta gol terjadi di pekan pertama Liga Primer Inggris 2020/2021 saat Liverpool menjamu Leeds United di Anfield, Sabtu (12/9) malam waktu setempat. Kedua tim saling balas gol, namun hattrick Mohamed Salah akhirnya membawa Liverpool menang 4-3 atas Leeds.

Di babak pertama, Liverpool mencuri gol dengan cepat di menit ke-4 saat mendapat hadiah tendangan penalti. Mohamed Salah yang bertindak sebagai eksekutor tendangan dari titik putih, berhasil menyelesaikan tugasnya. Tim tuan rumah pun unggul 1-0.

Salah kembali memberi ancaman di menit ke-7. Namun, percobaan tendangan kaki kirinya berhasil diblok.

Leeds justru berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-12. Jack Harrison tidak menyia-nyiakan peluang saat mendepat ruang tembak di bagian tengah kotak 16. Bola yang mengarah ke sudut kiri bawah membuat skor menjadi imbang 1-1.

Beberapa percobaan kembali dilakukan Liverpool. Mereka kembali memimpin di menit ke-20 melalui gol Virgil Van Dijk. Ia merobek jala Leeds dengan tandukannya saat menerima umpan tendangan sudut dari Robertson.

Sepuluh menit berselang, Leeds kembali menyamakan kedudukan melalui tembakan Patrick Bamford dari sebelah kanan kotak 16. Tendangan yang mengarah ke sudut kiri bawah membuat skor kembali imbang.

Namun, tanpa berlama-lama, Salah membawa Liverpool kembali unggul di menit ke-33. Tendangan kaki kirinya dari situasi bola mati, berhasil mengecoh kiper dan menggetarkan gawang Leeds. Skor berubah 3-2 untuk Liverpool.

Kedua tim saling jual beli serangan di waktu yang tersisa. Namun, tidak ada gol tambahan hingga turun minum. Skor sementara 3-2 untuk Liverpool di babak pertama.

Di babak kedua, Leeds memberikan inisiatif serangan ke lini pertahanan Liverpool. Namun, percobaan pertama mereka gagal karena Patrick Bamford lebih dulu berada dalam posisi offside saat Mateusz Klich hendak mengirimkan bola.

Sementara di menit ke-49, percobaan Wijnaldum dengan tendangan kaki kanan di bagian tengah kotak 16 masih dapat diamankan oleh kiper Leeds. Tak lama, Salah dan Van Dijk mendapat peluang mereka di menit ke-53. Tembakan Salah berhasil dimentahkan, sementara tandukkan Van Dijk masih melebar ke kiri gawang.

Liverpool terus memberikan ancaman ke gawang Leeds. Namun, Leeds justru menjadi tim yang berhasil mencetak angka untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-66. Gol ketiga Leeds diciptakan oleh Klich dengan tembakan kaki kanan dari tengah kotak 16 saat menyelesaikan umpan dari Helder Costa.

Gelombang serangan terus dilancarkan Liverpool ke gawang Leeds. Beberapa peluang didapatkan the Reds, namun belum ada yang membuahkan hasil.

Tendangan Salah di menit ke-71 hanya melintas di atas mistar gawang. Percobaan Wijnaldum pun berhasil diblok.

Sama halnya dengan Liverpool, Leeds juga kesulitan untuk membalikkan keadaan. Beberapa ancaman yang diciptakan belum membawa Leeds unggul. Percobaan Robin Koch dan Kalvin Phillips gagal membuahkan hasul.

Liverpool akhirnya menjadi tim yang berhasil unggul di menit-menit akhir pertandingan. Salah mencetak gol ketiganya pada pertandingan ini di menit ke-88 saat mendapatkan hadiah tendangan penalti karena pelanggaran yang dilakukan Rodrigo Moreno di area terlarang. Skor 4-3 bertahan hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiupkan oleh wasit. (*)

Sumber: republika.co.id

Komentar

Berita Lainnya