oleh

Gol Mane Antar Liverpool Bungkam Norwich City

NORWICH I Masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-60, Sadio Mane akhirnya mampu menjadi pahlawan kemenangan Liverpool saat melawat ke markas Norwich City di Stadion Carrow Road pada pekan ke-26 Liga Primer Inggris, Ahad (16/2) dini hari WIB.

Tambahan tiga angka di laga ini membuat The Reds makin kokoh dengan keunggulan 25 poin di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris, dengan torehan 76 poin dari 26 laga.

Menghadapi Norwich City, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, hanya melakukan satu perubahan di starting line-up The Reds dibanding saat membungkam Southampton, 4-0, dua pekan lalu. Posisi Fabinho di lini tengah digantikan oleh Naby Keita. Selain itu, Sadio Mane juga sudah kembali ke skuat Liverpool dan berada di bangku cadangan, setelah sempat absen lantaran mengalami cedera.

Pada babak pertama, Liverpool cukup kesulitan untuk membongkar pertahanan The Canaries. Berbagai upaya The Reds untuk mencetak gol, mulai dari aksi Mohamed Salah ataupun umpan lambung dari kedua wing back, selalu mampu dimentahkan lini belakang tim tamu.

Bahkan, dari sembilan tembakan yang dilepaskan penggawa Liverpool pada sepanjang babak pertama, hanya satu yang tepat mengarah ke gawang. Keputusan pelatih Norwich City, Daniel Farke, untuk tampil bertahan dan menerapkan garis pertahanan yang begitu dalam terbukti mampu menyulitkan The Reds. Uniknya, peluang terbaik yang terjadi di sepanjang babak pertama justru dimiliki oleh Norwich City, tepatnya pada menit ke-34.

Gelandang Norwich City, Daniel Rupp, mampu lolos dari jebakan offside dan tinggal berhadapan dengan kiper Liverpool, Alisson. Namun, Rupp memilih untuk mengoper bola ke Teemu Pukki. Gerakan ini terbaca oleh Alisson. Kiper asal Brasil itu langsung memotong laju bola dengan tangannya sebelum bola sempat diterima oleh Pukki. Skor tanpa gol akhirnya bertahan hingga babak pertama usai.

Upaya Liverpool untuk bisa membawa pulang tiga poin dari Stadion Carrow Road terus berlanjut pada babak kedua. Namun, hingga pertengahan babak kedua, The Reds belum mampu menembus kokohnya pertahanan The Canaries. Tidak hanya itu,  kiper Norwich City, Tim Krul, pun tampil begitu apik di laga ini. Penyelamatan gemilang ditunjukan kiper asal Belanda itu pada menit ke-59.

Setelah menghalau bola hasil tendangan Salah, yang mengarah ke pojok kanan bawah, Krul langsung melakukan blocking terhadap bola hasil tendangan Naby Keita, yang memanfaatkan bola rebound.

Demi bisa memberikan penyegaran dan menambah daya gedor, Klopp lanhgsung melakukan dua pergantian pemain sekaligus pada menit ke-60. Sadio Mane akhirnya masuk menggantikan Alex Oxlaide-Chamberlain di lini serang, sedangkan Fabinho menggantikan posisi Girgio Wijnaldum sebagai gelandang tengah.

Bukan hanya Liverpool, yang memiliki peluang emas. Pun dengan The Canaries. Pada menit ke-73, Alexander Tettey melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti. Sayangnya, bola masih membentur tiang gawang The Reds.

The Reds akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-77. Menerima umpan lambung Jordan Henderson dari tengah lapangan, Mane langsung mengontrol bola dengan apik di dalam kotak penalti Norwich. Penyerang asal Senegal itu langsung melepaskan tendangan keras ke pojok kanan bawah gawang Norwich, tanpa bisa dijangkau Krul.

Wasit sempat melakukan review VAR terhadap gol tersebut lantaran Mane dianggap mendorong Christoph Zimmermann saat berebut bola. Namun, wasit memutuskan gol Mane tersebut tetap sah. Ini menjadi gol pertama Mane sebagai pemain pengganti buat Liverpool di pentas Liga Primer Inggris, sekaligus menjadi gol ke-100 Mane di sepanjang kiprahnya di Liga Primer Inggris (25 gol untuk Southampton dan 75 gol untuk Liverpool).

Gol Mane ini pun menjadi satu-satunya gol yang tercipta di laga ini. Namun, gol itu sudah cukup membuat Liverpool untuk menegaskan dominasinya di puncak klasemen sementara, dengan keunggulan 25 poin atas pesaing terdekatnya, Manchester City, yang duduk di peringkat kedua dengan raihan 51 poin dari 25 laga. (*)

Sumber: republika.co.id

Komentar

Berita Lainnya