pemkab muba pemkab muba pemkab muba
ADVERTORIAL

Dua Tahun Kerja Nyata Bangka Setara

75
×

Dua Tahun Kerja Nyata Bangka Setara

Sebarkan artikel ini
Screenshot_2020-09-27_194819-660x330
pemkab muba

Beritamusi.co.id | Alhamdulilah, tak terasa sudah menginjak angka ke dua tahun kepemimpinan Mulkan Syahbudin dengan tag line Bangka Setara “Nyaman Bersama” tepat 27 September kemarin.

Tahun kedua, kepemimpinan pasangan yang diusung PDI- Perjuangan dan PKPI serta didukung berbagai parpol ini menunjukkan adanya geliat pembangunan meski pembangunan sempat stagnan karena virus Corona.

Dua Tahun Kerja Nyata Bangka Setara

Pencapaian di bidang pembangunan ini merupakan torehan terbaik sepanjang sejarah kepemimpinan sebelumnya yakni diraihnya penghargaan Perancangan Pembangunan Daerah (PPD) Terbaik se Indonesia dengan urutan kedua.

Didapuknya Bupati Kabupaten Bangka Mulkan SH MH dalam pembicara kiat kiat dalam pembangunan daerah tingkat nasional setelah Temanggung merupakan tanda pembangunan di kabupaten Bangka mengalahkan kabupaten lain di Indonesia setelah Temanggung.

Keberhasilan pembangunan ini merupakan rangkaian torehan berbagai prestasi dan indikator pembangunan yang baik dimana ditunjukkan dengan menurunnya angka pengangguran dari 4,12 persen ke angka 3,80 persen.

Menurunnya angka stunting, menurunnya angka kemiskinan dari 5,47 menjadi 4,92 persen. Indeks angka kepatuhan terhadap pelayanan publik berada pada zona hijau.

Dua Tahun Kerja Nyata Bangka Setara

Pembangunan di bidang sumber daya manusia meningkat dengan berbagai inovasi yang dikembangkan dengan penerapan kedisiplinan pegawai menggunakan absensi sidik jari dan penerapan sistem Si Nasip ASN dimana aplikasi terpadu yang dipakai mengenai sistem informasi pegawai yang dulu dilakukan secara manual,saat ini bisa dilakukan hanya dengan mengklik aplikasi yang berisikan seluruh dokumen riwayat kepegawaian seorang ASN.

Dalam bidang administrasi pemerintahan, Pemkab Bangka menorehkan prestasi dari angka sakip dari nilai B menjadi BB.

Dalam bidang pembangunan fisik, beberapa ruas jalan dibangun hingga ke tingkat lingkungan dan pedesaan. Jembatan yang tadinya rusak dan belum ada jembatan dibenahi dan dibangun.

Demikian pula dengan perumahan dan permukiman yang disupport dari program Kotaku yang menyulap perumahan nelayan menuju kawasan bebas kumuh dengan diresmikannya rusunawa berikut fasilitas penunjang seperti tower air.

Diawal tahun, torehan prestasi diberikan dalam bidang keuangan berupa julukan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI perwakilan provinsi Bangka Belitung. Prestasi ini didapat sejak awal tahun kepemimpinan pasangan Mulkan – Syahbudin.

Reward yang didapat pun berupa kunci untuk mendapatkan tambahan Dana Insentif Daera (DID) yang akan digelontorkan di tahun 2021.

Di bidang pendidikan, melanjutkan pembangunan SMPN 5 Kace yang sudah digunakan. Dan penciptaan lagu Jinggel Bangka Setara untuk dijadikan tambahan mulok bagi siswa siswi didik SD sampai SMP. Yang sekaligus juga melestarikan budaya kabupaten Bangka dimana seluruh jinggel diiringi alat musik kabupaten Bangka.

Dua Tahun Kerja Nyata Bangka Setara

Selanjutnya di bidang pertanian dan Perkebunan, dimenangkan nya TOP Inovasi Abangtimah untuk budisa. yakni lahan bekas tambang untuk budidaya padi sawah yang dijadikan studi tiru LIPI dan IPB Bogor dalam pemanfaatan lahan tidur dan lahan Kritis yang diberdayakan kembali.

Bidang Kerohanian, sosial dan keagamaan. Meningkatnya aktivitas mengaji di setiap mesjid dengan program Magrib Mengaji, hibah mesjid, bantuan kepada yang tertimpa musibah dan program seribu berkah dimana, para ASN di Kabupaten Bangka diberikan kesempatan untuk beramal dengan menyumbangkan dari gaji bulanannya per hari Rp 1000 rupiah untuk masyarakat kabupaten Bangka yang kekurangan dan menderita sakit.

Sebagian dari program Corona yang banyak dicurahkan ke kesehatan pun dibangun ruang isolasi untuk pasien Corona di RSUD Depati Bahrin, ambulance serta pembelian masker,APD dan fasilitas lain untuk penanggulangan Corona di Kabupaten Bangka.

Dua Tahun Kerja Nyata Bangka Setara

Di bidang pariwisata, yang sedang menunjukkan pelemahan dampak Corona didongkrak dengan memprogramkan “Gowes Bangka Setara” yang telah menyasar pada tempat tempat wisata dengan protokol kesehatan yakni berolahra dengan bersepeda dan berjalan kaki mengeskplore wisata alam di kabupaten Bangka. Dibangun pula puksesmas Pariwisata yang merupakan gabungan pembangunan antara kesehatan dengan pariwisata dimana nantinya akan diisi fasilitas berbasis pariwisata lokal yakni pijat dan corner jamu.

Menjaga kelestarian lingkungan, disulaplah Hutan Kota menjadi tempat jogging sekaligus habitat tumbuhan endemik kabupaten Bangka dan menginovasi pengenalan tanaman serta mengabadikan nama tumbuhan dengan memberi barcode disetiap tumbuhan yang ada di Hutan Kota. Juga dengan program Jumat bersih yang diadakan memutar di berbagai lokasi di seluruh kabupaten Bangka untuk tetap menjaga lingkungan di kabupaten Bangka tetap bersih. Menyangga bidang olahraga agar atlet kabupaten Bangka lebih berprestasi dibangun GOR yang akan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang

Berbagai torehan prestasi tersebut, puncaknya, Bapak Bupati Bangka Mulkan SH MH diberikan kesempatan sebagai pembicara skala nasional dalam berbagi ilmu untuk pengembangan daerah.

Mulkan dihadapkan dengan kurang lebih partisipan webinar, melalui zoom dan YouTube, serta kurang lebih 1000 orang dari berbagai pemda, perguruan tinggi dan stakeholder pembangunan lainnya peserta webiner dan share YouTube untuk memaparkan beberapa keberhasilan kabupaten Bangka kurun dua tahun terakhir yang diselenggarakan Bapennas dengan tajuk berbagi kiat kiat sukses membangun daerah.

Untuk mensupport geliat perekonomian, dibuat dan diperdakan satu BUMD dengan plat Perusahaan Perumda dan berubahnya PDAM menjadi Perumda yang dinyatakan sehat dan tidak merugi serta mendapatkan penghargaan dari pusat masuk dalam 50 jajaran Perumda air minum yang sehat.

Sebagai sinergitas dengan pihak swasta, diajak pula perusahaan swasta untuk menyalurkan CSRnya dalam bentuk bantuan Sembako dan bentuk lain dalam penanganan Corona untuk masyarakat.

Seluruh pencapain tersebut adalah hasil dari kerjakeras,sinergitas lima pilar pembangunan.

Kepemimpinan dibawah Bangka Setara menunjukkan progres pembangunan meningkat.

Kedepan dan ditahun tahun berikutnya, Bupati Bangka dan wakilnya beserta jajaran dengan berbagai inovasi renja yang masif dan teratur akan terus berkarya dan terus membangun ditengah terpaan kondisi Covid 19.

Makan ketupat suasana lebaran

Alunan takbir berkumandang di udara

Mari bersama gerakkan pembangunan

Untuk sejahteranya masyarakat Bangka Setara. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *