pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Agri Farming

Budidaya Ikan Cere yang Jarang Dilirik Orang

1003
×

Budidaya Ikan Cere yang Jarang Dilirik Orang

Sebarkan artikel ini
gambar-ikan-cere-www.binatang.mewarnaigambar.web.id
pemkab muba

PALEMBANG – Budidaya ikan cere atau Phalloceros caudimaculatus terbilang masih jarang dilirik orang, padahal sebenarnya usaha ini bisa mendapatkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Ikan ini sangat mudah dijumpai di daerah sungai atau rawa-rawa. Rasa daging ikan sangat lezat dan gurih. Ikan cere sudah sejak lama dikenal sebagai ikan pancingan atau ikan konsumsi.

Hasil budidaya ikan cere bisa dipasarkan dengan cara dijual ke pasar atau ke pengepul. Pemasarannya cukup mudah karena ikan ini sudah terkenal lezat dan murah.

Kadar kolesterol dalam daging ikan ini terbilang rendah dibandingkan ikan lain. Di dalam tubuh ikan cere mengandung lemak tak jenuh (USFA di atas 50 persen) yang sangat bagus untuk mencegah risiko penyakit kardiovaskular. Lemak tak jenuh tersebut juga bisa meringankan kandungan kolesterol total dan kolesterol LDL yang terdapat dalam darah sehingga bisa mencegah penyakit jantung koroner.

Ikan cere sangat bagus dikonsumsi saat menjalankan program diet karena mampu mengurangi suplai lemak harian pada menu makanan. Ikan kecil ini berasal dari Amerika Serikat dan sudah berkembang sangat pesat di Indonesia. Produktivitasnya terbilang sangat tinggi sehingga budidaya ikan cere tidak akan sulit untuk dilakukan.

Budidaya ikan cere

Sebelum memulai budidaya, Anda harus memilih jenis tanah yang akan digunakan. Pastikan jenis tanah yang digunakan adalah liat agar tidak memudahkan air merembes ke dalam tanah. Kemiringan tanah sekitar dua sampai lima persen untuk memudahkan pengairan.

Air yang digunakan harus berupa udara yang terbebas dari bahan kimia dan limbah pabrik. penambahan jamur agar tidak mudah tercemar oleh jamur pembohong. Suhu udara yang dibutuhkan adalah 26—28°C dengan pH berkisar 6,5-7.

Makanan ikan cere

Selama masa budidaya, ikan dapat diberikan makanan alami berupa ikan, kerang, sisa dapur, dan sebagainya. Berikan juga pakan tambahan yang mengandung protein tinggi. Pakan diberikan dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Jumlah pakan yang diberikan sebanyak 3-5 persen dari total berat badan ikan cere. Untuk mengetahui bobot ikan sesuai dengan jumlah pakan yang dibutuhkan, ambil sampel 5-10 ekor ikan cere. (Tani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *