pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Unik, Bunga Bangkai Tumbuh di Sungailiat Bangka

2203
×

Unik, Bunga Bangkai Tumbuh di Sungailiat Bangka

Sebarkan artikel ini
IMG-20201217-WA0017
pemkab muba pemkab muba

SUNGAILIAT – Bunga Raflesia Arnoldi atau yang dikenal sebagai bunga bangkai tiba-tiba tumbuh dan ditemukan di Lingkungan Sri Menanti, Sungailiat, Kabupaten Bangka. Bunga Raflesia itu tumbuh liar lainnya.

Novi, salah satu warga menuturkan jika Bunga Bangkai tersebut sudah tumbuh sekitar seminggu yang lalu, sehingga kini bunga tersebut sudah terlihat seperti layu.

“Beberapa hari ini, banyak orang-orang yang berdatangan melihat bunga dan berfoto-foto disini. Dan memang sebelumnya bunga ini masih kelihatan segar dan kini sudah kelihatan seperti layu,” ujarnya.

Bunga Bangkai ini pertama kali ditemukan anak kecil yang sedang bermain di sekitar lokasi. Lalu, menceritakan ke orang tuanya.

Warga lainnya Deva menceritakan, karena penasaran dirinya langsung mendatangi lokasi yang kebetulan berada di samping rumah orang tuanya. Hari itu juga langsung membersihkan rumput disekitar tumbuhan bunga ini.

“Kita tidak memindahkan bunga Rafflesia itu ketempat lain. Akan tetapi membiarkannya tumbuh dengan menjaga keberlangsungan tanaman langka ini. Kalau dipindahkan ditakutkan nantinya akan mati. Jadi biarkan saja bunga itu tumbuh seperti diawalnya,” ujar Deva.

Diketahui, Bunga Bangkai adalah jenis tumbuhan yang dilindungi di habitat aslinya. Bunga ini termasuk tumbuhan langka berdasarkan klasifikasi International Union for Conservation of Nature (IUCN) dan keberadaannya dilindungi dengan Peraturan Pemerintah No 7/1999 serta Undang-Undang No 5/1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. (Doni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *