oleh

Bosnia Kalah dari Iran, Rusia Ditahan Imbang Molcova

EROPA I Tim nasional Bosnia-Herzegovina dipermalukan Iran dalam rangkaian laga persahabatan dengan menelan kekalahan 0-2 dari tamunya itu di Stadion Asim Ferhatovic Hase, Sarajevo, Jumat (13/11) dini hari WIB.

Absennya ikon utama Bosnia, Edin Dzeko, yang kedapatan positif mengidap COVID-19 beberapa hari lalu cukup mempengaruhi ompongnya lini depan tim besutan Dusan Bajevic tersebut.

Statistik laman resmi UEFA mencatat, tuan rumah melepaskan tujuh percobaan tembakan sepanjang laga yang hanya tiga di antaranya menemui sasaran kendati tampil dengan 59 persen penguasaan bola.

Sebaliknya, Iran tampil efektif dengan mencetak dua gol dari tiga percobaan tembakan mereka.

Bosnia sebetulnya punya dua peluang bagus di awal laga melalui Irfan Hadzic, tetapi kiper Amir Abedzadeh selalu melakukan penyelamatan.

Setelah babak pertama berakhir nirgol, Iran justru membuka keunggulan semenit selepas sepak lanjut babak kedua lewat tembakan kaki kiri Kaveh Rezai menyelesaikan umpan Vahid Amiri.

Tuan rumah gagal menciptakan ancaman berarti ke gawang Iran yang malah melengkapi kemenangan mereka jadi 2-0 lewat gol Mehdi Ghaedi pada menit pertama injury time.

Kekalahan ini jelas bukan suntikan semangat yang dibutuhkan Bosnia jelang dua laga terakhir mereka di UEFA Nations League Divisi A Grup 1 (A1).

Bosnia akan melawat ke markas Belanda pada Minggu (15/11) sebelum menjamu Italia tiga hari kemudian.

Mereka saat ini berada di dasar klasemen Grup A1 dengan koleksi dua poin dan butuh keajaiban untuk bisa menghindarkan diri dari degradasi ke Divisi B Nations League edisi mendatang.

Rusia dominan tanpa hasil

Sementara itu dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Stadion Zimbru, Chisinau, Rusia tampil dominan tanpa hasil ketika ditahan imbang nirgol oleh tuan rumah Moldova.

Tak kurang dari 64 persen penguasaan bola dimiliki oleh Rusia yang berusaha dikonversi lewat 13 percobaan tembakan, tetapi tak satu pun berbuah gol.

Salah satu peluang terbaik Rusia tercipta pada menit ke-56 melalui Aleksei Miranchuk, tetapi bola masih membentur mistar gawang, memperlihatkan ketidakberuntungan bagi tim besutan Stanislav Cherchesov itu.

Rusia selanjutnya akan melakukan dua sisa jadwal laga UEFA Nations League Grup B3 dengan bertandang ke Turki pada Sabtu (15/11) dan Serbia tiga hari kemudian, dalam upaya meraih tiket promosi ke Divisi A musim berikutnya.

Sedangkan Moldova bakal berusaha menghindari degradasi dari Grup C3 saat menjamu Yunani pada Sabtu (15/11) dan melawat ke Kosovo tiga hari berselang. [republika.co.id]

Komentar

Berita Lainnya