oleh

Adios, David Silva

INGGRIS I Di dunia maya, akun media sosial David Silva dibanjiri dengan pesan dukungan usai sang bintang mengunggah status di akun pribadinya. “Saya akan merindukan tim ini,” tulis Silva. Ada pesan berupa ucapan terima kasih bahkan ada yang memintanya memperpanjang kontrak di timnya saat ini.

Menanggapi hal itu, Silva menyatakan sudah saatnya baginya untuk mengucapkan selamat tinggal bagi semua yang ada di Manchester City. “Kalau boleh saya berkata sesuatu, saya menyatakan ingin maju ke depan,” kata Silva seperti dilansir AS, Jumat (10/7).

Silva mengucapkan terima kasih untuk seluruh pihak yang mendukungnya sejak hari pertama merumput di sepakbola Inggris. Ia menyampaikan segenap rasa hormatnya kepada seluruh penggemar yang mendampinginya. “Sejak pertama di sini, semua orang memperlakukan saya dengan baik. Saya menghormati semuanya. Sekarang saya membutuhkan keluarga dan tantangan lainnya,”ucap Silva.

Gelandang veteran berusia 34 tahun itu menyatakan siap meninggalkan kota Manchester setelah berseragam The Citizens selama 10 tahun. Ia telah membukukan 75 gol dan 137 asisst dalam 429 pertandingan di semua kompetisi.

Sebagai kapten tim, Silva sempat mencuri perhatian dalam kemenangan 5-0 City atas Newcastle karena menggoreskan dua asis dan satu gol tendangan bebas sebagai bukti kalau kariernya belum berakhir.

“Saya memerhatikan dua laga terakhir melawan Southampton dan Newcastle, ini adalah musim terbaiknya. Dia benar-benar tampil brilian,” kata Guardiola seperti dilansir Evening Standard, Jumat  (10/7).

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola pun tak ragu menyebut Silva sebagai legenda hidup Manchester Biru. Untuk itu, ia mengizinkan sebuah laga perpisahan digelar khusus untuk mantan pemain Valencia tersebut.  “Mungkin supporter tidak bisa hadir di lapangan. Tapi saya ingin ada pertandingan khusus di depan semua penggemar karena dia adalah seorang legenda,” ujarnya.

City masih mengantungi sisa dua pertandingan kandang di Liga Primer Inggris, yang berarti garis finis Silva semakin mendekat. Dengan kontrak yang akan habis pada akhir Juli, ia diharapkan masih bisa tampil di semifinal Piala FA melawan Arsenal.

Pemain berpaspor Spanyol itu direkrut City pada 2010 lalu dan berhasil menyumbang empat titel Liga Primer Inggris, dua Piala FA dan lima Piala Liga dan masih bisa bertambah musim ini.  Atas semua persembahannya untuk City, muncul wacana dari suporter untuk membuatkan patung Silva di kawasan Ettihad Stadium. Namun, Guardiola masih belum dapat berkomentar lebih dalam.

“Saya tidak tahu, ada banyak pemain hebat di sini. Pablo Zabaleta, Joe Hart, Vincent Kompany, Silva, dan Sergio Aguero. Mereka membantu City hingga saat ini, mungkin sudah pantas juga dibuatkan nama jalan atau stadion,” ucap Guardiola seperti dilansir BBC Sport.

Seperti dilansir Manchester Evening News, beberapa perwakilan supporter menginginkan manajemen klub melakukan hal lebih untuk menghormati jasa David Silva untuk klub. “Vincent, Yaya, Silva, dan Aguero berhak dibuatkan patung di luar Ettihad seperti yang dilakukan MU kepada legenda mereka,” tulis Logic Never Wins salah seorang fan the Citizens.

Di satu sisi, Guardiola berharap City dapat meraih gelar Liga Champions musim ini demi menghormati Silva. Mereka akan bersua Real Madrid di leg kedua babak 16 besar, Agustus mendatang.  “Akan sangat menarik jika kami memenangkan Liga Champions demi David,” ujar dia.

Petinggi Manchester City, Txiki Begiristan menyebut kontribusi Silva tak hanya di lapangan. Ia aktif aktif membantu perkembangan klub, baik di dalam maupun di luar lapangan. “Tidak hanya dengan cara David bermain sepak bola, dia pun membantu kami jadi klub sukses. David akan selalu dikenang untuk itu,” imbuh Begiristain seperti dilansir laman klub. (*)

Sumber: republika.co.id

Komentar

Berita Lainnya