oleh

Wakil Bupati Bangka Selatan Hadiri Bimtek dan Panen Padi Sawah

BANGKA SELATAN – Pasca pelantikan sebagai Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi, SE, lakukan kunjungan lapang ke areal persawahan Sungai Ulim, Desa Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar dalam rangka menghadiri Bimtek Inotek Peningkatan Produktivitas Padi yang digelar BPTP Balitbangtan Babel sekaligus panen di Gapoktan Dungun Raya.

Kunjungan lapang Wakil Bupati Bangka Selatan yang didampinggi Haji Jamro dan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Ir. Efendi Ali dan Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan drh. Suhadi, MM, Kamis (4/3).

Kepala BPTP Balitbangtan Babel Suharyanto menyampaikan bahwa kegiatan panen padi sawah ini yang dirangkai dengan kegiatan Bimtek “Pengendalian Hama Penyakit Utama Padi Sawah” bertujuan untuk peningkatan kapasitas petani dani dan penyuluh di Bangka Selatan sekaligus memberikan support dan motivasi kepada petani sawah Sungai Ulim agar semakin semangat untuk meningkatkan luas tanam serta meningktakan Indeks Pertansman (IP) dari IP 100 menjadi IP 200 bahkan 300, menginggat sawah Sungai Ulim ini punya potensi untuk bisa ditingkatkan tentuynya dengan dukungan mekanisasi alat mesin pertanian dalam percepatan tanam.

Padi sawah yang dipanen hari ini telah menggunakan teknologi Jarwo 4:1, varietas Inpari 30 bantuan PATB Kementan dengan hasil ubinan 5,6 ton/ha dan ini masih berpotensi untuk ditingkatkan lagi hingga 6 -7 ton/ha tentunya dengan penggunaan vaietas unggul spesifik lokasi dan penerapan teknologi yang tepat serta deteksi dini pengendalian hama dan penyakit, ujar Suharyanto.

Ucapan terima kasih kepada Wakil Bupati Bangka Selatan yang telah berkenan hadir dalam kegiatan hari ini sehingga dengan ke hadiran Wakil Bupati dapat memberikan suport dan motivasi kepada petani untuk terus meningkatkan produksi dan mempertahankan Bangka Selatan sebagai lumbung pangan provinsi Bangka Belitung.

Wakil Bupati Basel Deby Vita Dewi, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih Kepada BPTP Balitbangtan Babel dan Gapoktan Dungun Raya atas undangannya hari ini dan bisa bertemu langsung dengan petani sawah Ulim Desa Batu Betumpang. Wakil Bupati Basel juga berujar bahwa kegiatan ini merupakan kunjungan Perdana setelah dilantik menjadi Wakil Bupati Basel. Dalam sambutannya beliau akan terus suport petani untuk terus bertanam padi dan meningkatkan indeks pertanaman sehingga dapat meningkatkan produksinya. Pihaknya siap membantu dan bersinergi dengan berbagai stakeholder untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Bangka Selatan.

Saat melakukan panen menggunakan combine harvester Wakil Bupati,Bangka Selatan, Debby juga antusias dan berharap kedepan alat pertanian semacam ini dapat diperbanyak di Bangka selatan khususnya pada daerah-daerah sentra padi sawah, karena hal ini akan mengurangi biaya panen jika dibandingkan panen secara manual.

Suwandi salah satu petani Sungai Ulim juga meyampaikan terimakasih atas kedatangan Wakil Bupati ke desanya, untuk memberikan semangat dan motivasi para kami disini dan berharap dukungan sarana dan prasarana pertanian dapat ditingkatkan kembali terutama combine pada saat panen dan transplanter pada saat tanam sehingga program tanam serentak dapat dilakukan. Musim tanam tahun ini Suwandi merasa senang, karena dianggap cukup berhasil dan sudah mulai terlihat dari jumlah petani untuk mengolah dan menanam lahannya kembali. Optimisme ini terlihat juga dari lahan sawahnya yang sekitar 1.5 hektar yang dalam waktu dekat akan dipanen juga dengan harapan hasilnya mencapai 7 t/ha gabah kering panen. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya