oleh

Wahai Petani Sawit Tetaplah Jaga Mutu TBS

BANGKA BELITUNG – Pertanian Provinsi Bangka Belitung mengingatkan para petani untuk dapat menjaga mutu Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit. Mutu dari TBS kelapa sawit ini akan mempengaruhi harga jual TBS karena terkait dengan kualitas dan kuantitas minyak sawit yang dihasilkan.

Kepala Dinas Pertanian Babel Juadi mengatakan, untuk mendapatkan mutu TBS yang baik, maka petani harus memperhatikan proses budidaya, proses pemanenan serta proses pengolahan yang baik di pabrik.

“TBS yang baik ini nantinya akan sangat mempengaruhi nilai rendemen kelapa sawit sehingga mutu dan keamanan pangan minyak kelapa sawit dapat terjamin,” Ingat Juadi.

Dirinya mengatakan, terbuka peluang bagi masyarakat untuk dapat mengembangkan kelapa sawit. Saat ini kata dia, ada 17 pabrik sawit yang ada di Provinsi Bangka Belitung. Pabrik yang sudah ada memiliki komitmen untuk membeli sawit daripada petani.

“Meski ada juga yang tidak membeli TBS dari petani. Misalkan di Belitung. Tapi banyak juga yang membeli TBS dari masyarakat,” ucapnya.

Juadi mengatakan, saat ini juga masih ada 5 pabrik sawit yang siap didirikan di wilayah Babel. Tahun ini kata dia, bakal dioperasikan.

“Saat ini masih tahap konstruksi. Artinya semakin membuka peluang untuk mengembangkan sawit,” ucapnya.

Terkait penjagaan mutu TBS ucapnya, diperlukan kerjasama berbagai pihak dalam hal pembinaan dan pengawasan di lapangan terhadap mutu TBS dan pemberlakuan harga pembelian TBS.

Sehingga diharapkan tidak ada pihak yang merasa dirugikan dan terutama kesejahteraan petani di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat tercapai. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya