oleh

Udang Vaname Kini Primadona Baru di Babel

BANGKA – Komoditas udang Vaname di Provinsi Bangka Belitung saat ini sedang menjadi primadona baru. Bahkan disebut-sebut, udang vaname ini bisa menjadi komoditas primadona dari Babel pasca timah.

Bupati Bangka Mulkan menjelaskan, dengan banyaknya eks kolong bekas penambangan, dapat dimanfaatkan untuk tambak udang. Selain membantu perekonomian, budidaya udang Vaname juga bisa menyerap peluang tenaga kerja.

“Udang ini bisa jadi andalan dan komoditi pasca timah. Kalau pariwisata kan lama. Bahkan kita mengajukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dari 2006 sampai sekarang belum. Masih ada trouble,” kata Mulkan saat silaturahmi dengan Aliansi Petani Tambak Indonesia Nusantara (APTIN) di RM Pangeran Sungailiat, Rabu (17/3).

Mulkan menegaskan, Pemkab Bangka terus memberi dukungan kemudahan investasi kepada para pengusaha. Menurutnya, dengan berdirinya tambak udang di Bangka dapat mempertahankan ketahanan ekonomi masyarakat.

Ketua APTIN Hidayat Arsani mengakui jika Pemkab Bangka selalu memberi memudahkan bagi investor untuk menanamkan investasi. Sebagai contoh, segala perizinan dipermudah dan proses lebih cepat.

“APTIN membawahi 38 petani tambak. Saat ini memang mulai banyak, tetapi tidak semua petani tambak bergabung di APTIN,” ucapnya.

Mantan Wagub Babel ini berharap perlunya kemudahan dalam perizinan usaha yang dilakukan, agar investasi di Babel semakin berkembang.

Hidayat meminta hal-hal yang berkaitan dengan izin dan lain sebagainya dapat dikawal dengan baik, sehingga pengusaha yang akan melakukan investasi merasa aman dan nyaman berinvestasi. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya