oleh

Tahun ini, Ogan Ilir Maksimalkan Upaya Pencegahan Karhutla

INDRALAYA I Pejabat Bupati Ogan Ilir, H Yulizar Dinoto ditahun 2016 ini akan lebih memaksimalkan dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui gerakan masyarakat peduli kebakaran hutan dan lahan. Melalui upaya pencegahan itu diharap masalah kebakaran di Ogan Ilir khususnya dan Sumsel umumnya dapat dihindari.

“Daerah ini (Ogan Ilir) memang daerah penyumbang asap ke Palembang, seperti di Muara Kuang, dan PTPN Cinta Manis. Mulai tahun ini, kami upayakan tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan lagi di OI,”kata Pejabat Bupati OI H Yulizar Dinoto disela-sela audiens dengan Balitbangnovda Sumsel di Kantor Bupati Tanjung Senai Rabu (13/01/2016).

Menurut dia, adapun tiga poin penting yang akan dioptimalkan dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan antara lain kepala daerah harus sungguh-sungguh melakukan upaya-upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan melibatkan pihak-pihak SKPD terkait sampai dengan tingkat camat hingga desa.

Disamping itu, penegakkan hukum terhadap pelaku yang melakukan pembakaran lahan juga harus ditegakkan. Poin terakhir ialah menekankan kepada masyarakat, memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar ketika akan membuka lahan tidak melalui cara dnegan membakar lahan.

“Saya rasa ketiga hal itu sangat penting guna mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan sejak dini,”ujarnya.

Dia pun meminta kepada peneliti yang tergabung dalam Balitbangnovda Sumsel untuk melakukan penelitian terhadap petani di OI sebagai dampak dari aksi pembakaran hutan dan lahan di OI.

“Cari dahulu apa motif petani melakukan aksi pembakaran hutan dan lahan. Apakah disebabkan factor x atau apa. Setelah itu petani diberikan pembinaan agar ketika membuka lahan tidak dilakukan dnegan membakar hutan. Begitu pun pemilik lahan juga diberitahukan demikian,”tuturnya.

Terkait soal kegiatan penelitian potensi wisata yang ada di Kabupaten OI, pihaknya memberikan support terhadap Balitbangnovda yang berencana akan menggali potensi yang ada di OI.

“Saya sangat setuju jika area Perkantoran ini dijadikan sebagai objek wisata. Sebab pemandangan disini sangat asri. Langkah Balitbangnovda membangun ruang publik kreatif sebagai tempat berinovasi di Teluk Seruo, Kecamatan Indralaya sangat memberikan manfaat bagi masyarakat,”katanya.

Sementara itu, Kepala Balitbangnovda Sumsel Alamsyah menambahkan penelitian terhadap wisata di OI dimaksudkan untuk pengembangan potensi inovasi daerah yang ada di Bumi Caram Seguguk dengan melihat potensi keadaan kondisi alam yang ada di Desa Teluk Seruo Indralaya.

“Ruang publik kreatif memiliki peranan penting dalam penciptaan iklim yang kondusif bagi pengembangan kreativitas, inovasi dan bisnis di suatu wilayah. Dengan memanfaatkan kapabilitas sumber daya lokal yang tersedia, kami berharap RPK dapat menciptakan peningkatan kreativitas dan nilai tambah ekonomi didaerah OI ini,”jelasnya.​ (st)

Komentar

Berita Lainnya