oleh

Soal Vaksin Covid-19 Asal China, Ini Harapan YLKI Sumsel

Beritamusi.co.id | Presiden Joko Widodo mengumumkan 1,2 juta vaksin Covid-19 sudah tiba di Indonesia. Pemerintah juga mengumumkan biaya impor vaksin asal Sinovac Ltd asal China itu sebesar Rp50 miliar dengan berat 9,2 kilogram lebih.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) RM Taufik Husni menyatakan, pihaknya berharap agar pemerintah dapat secara tegas mengatur terkait penyaluran vaksin Covid-19 di tingkat daerah nantinya, demi memberi jaminan kepada masyarakat.

“Kami mengharapkan pemerintah tegas mengatur penyaluran vaksin ini nantinya, apakah dipegang oleh Kementerian Kesehatan ataukah BPOM,” ujar Taufik Husni kepada wartawan ditemui di kantornya, Senin (7/12/2020).

Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan agar dalam prosesnya penyaluran tidak menimbulkan keraguan bagi masyarakat terkait keaslian vaksin. Sehingga ketika vaksin asli datang tentunya masyarakat butuh kepastian dari pemerintah terkait keaslian, keamanan dan keselamatan masyarakat yang divaksin.

“Untuk itu kami menyarankan agar vaksin ini seyogyanya disalurkan oleh badan yang berwenang, apakah itu Kemenkes atau BPOM,” katanya.

Terkait harga, pihaknya juga mengharapkan agar di tahap awal ini sebaiknya diberikan secara gratis, mengingat di masa pandemi daya beli masyarakat menurun drastis. “Jadi apabila pemerintah dapat memberikan vaksin ini secara gratis, tentunya itulah yang diharapkan masyarakat sebagai konsumen saat ini,” ucapnya. (sumsel.inews.id)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Komentar

Berita Lainnya