oleh

Sayuran Hidroponik Ini Jadi Percontohan Anak Cucu Kita Nanti…!

* Bupati Bangka Panen Sayur di Kebun Hidroponik Setara

SUNGAILIAT – Bupati Bangka Mulkan didampingi sejumlah pejabat di daerah itu melakukan panen sayuran di kebun Hidroponik Setara, Senin (8/3) pagi.

Panen hidroponik kali kedua ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat.

“Sistem hidroponik yang dilakukan ini dapat menjadi percontohan bagi Kabupaten Bangka dan agar kedepan anak cucu kita mengetahui tentang sayuran hidroponik,” jelasnya.

Menurutnya, penanaman sayur mayur menggunakan sistem media hidroponik tidak memakan lahan yang luas, dan dapat dilakukan dengan lahan minimum.

“Dengan mengembangkan dan membudidayakan ini supaya tidak ada kekurangan dalam hal sayur mayur minimal untuk kebutuhan keluarga,” katanya.

Mulkan juga mengingatkan kepada pengelolaan kebun untuk dapat melakukan panen per tiga bulan sekali. Sehingga kata dia, terlihat progres nyata dari apa yang sudah dilakukan.

Sementara, pengelola kebun Dodi menyampaikan, kebun Hidroponik Setara ini merupakan awal ide dari Bupati Bangka, Mulkan sebagai kebun percontohan sayur sehat untuk masyarakat. Panen kali ini berkat hasil karya anak-anak pelajar yang sedang PKL dari Bangka Barat.

“Dimana hidroponik merupakan tekhnik penanaman yang menekankan kebutuhan unsur hara yang esensial. Karena setiap tanaman pada hidroponik memerlukan kebutuhan masing-masing, sehingga mendapatkan pertumbuhan yang benar-benar maksimal,” katanya.

Dikatakannya, kebun Hidroponik Bangka Setara ini diresmikan Bupati Bangka Mulkan SH,MH pada 13 Maret 2019 lalu. Sampai sekarang ini banyak masyarakat yang membeli sayur hidroponik secara langsung di kebun bahkan ada yang berkeinginan belajar akan tanaman hidroponik. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya