oleh

Rapat Paripurna HUT Sumsel ke 75 Berjalan Khidmat

PALEMBANG | Diperlukan sinergi yang berkesinambungan antara pihak eksekutif Pemprov Sumsel dan lembaga legislatif DPRD Sumsel guna mewujudkan visi Sumsel Maju untuk Semua. Pengharapan ini disampaikan Ketua DPRD Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati,SH,MH dalam sambutannya saat memimpin rapat paripurna istimewa DPRD Sumsel dalam rangka Hari Jadi ke-75 Provinsi Sumsel, Selasa (18/5).

“Meski Hari Jadi Sumsel kali ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 dengan mengutamakan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. DPRD Sumsel mengucapkan selamat hari jadi provinsi Sumsel ke-75,”kata Anita.

Ia juga berharap agar ini menjadi momentum untuk kian memantapkan dan meningkatkan pembangunan Sumsel sehingga mengantarkannya menjadi provinsi terbaik di Indonesia. Dan sesuai tema peringatan Hari Jadi ke-75 Sumsel tahun ini untuk tetap tangguh dan peduli membangun Sumsel Maju untuk Semua, Anita berharap agar seluruh elemen masyarakat Sumsel bekerja keras untuk terus menunjukkan eksistensinya.

Di kesempatan itu, Anita juga sepintas memaparkan sejarah terbentuknya Provinsi Sumsel yang sejatinya lahir pada 15 Mei 1946. Namun, jauh sebelum itu khususnya di masa keemasan Kerajaan Sriwijaya dimana daerah ini merupakan pusat kerajaan maritim terbesar.

“Dan setelah melalui serangkaian kajian yang mendalam dan komprehensif akhirnya keluarlah Perda Nomor 5 tahun 2007 tentang penetapan hari jadi provinsi Sumsel setiap tanggal 15 Mei,”kata Anita.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Herman Deru pertama-tama mengajak kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan budaya dan kearifan lokal Sumsel, seperti Songket dan Tanjak sebagai ciri khas Sumsel. Tak lupa, Deru mengucap rasa syukurnya atas capaian dan prestasi yang diraih Sumsel selama kurun waktu dua tahun dimasa kepemimpinannya.

“Melalui peringatan Hari Jadi ke-75 Provinsi Sumsel selain bersyukur sekaligus menjadi ajang evaluasi dan introspeksi mengenai apa yang telah, sedang dan akan dikerjakan,”kata Deru.

Hadir di paripurna istimewa ini diantaranya dua mantan Gubernur Sumsel, H Syahrial Oesman dan H Rosihan Arsyad, sejumlah anggota DPR RI dan DPD RI asal Sumsel, Anggota DPRD Sumsel, Turut hadir pula unsur Forkompimda Sumsel dan Walikota Palembany, Harnojoyo yang hadir secara langsung dan tamu undangan lainnya.(adv)

Komentar

Berita Lainnya