oleh

PJ Bupati Muara Enim Tinjau Pelaksanaan Pilkades Serentak

MUARA ENIM – Sebanyak 106 Desa yang berada di 20 Kecamatan di wilayah Kabupaten Muara Enim menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada Pilkades serentak 2021, Kamis (14/10/2021). Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Pilkades serentak ini digelar dengan aman dan kondusif.

Untuk memastikan kondusifitas selama pelaksanaan Pilkades ini, PJ Bupati Muara Enim, DR H Nasrun Umar (HNU) SH MM langsung turun ke lapangan untuk memantau proses pemungutan suara di TPS-TPS.

Kehadiran orang nomor 1 di Kabupaten Muara Enim ini disambut antusias masyarakat, adapun tempat pertama yang dikunjunginya Desa Tanjung Raman Kecamatan Ujan Mas, dirinya pun menyempatkan menyapa masyarakat sekitar dan dilanjutkan laporan kepada Dirjen Kementerian secara Virtual.

Penyampaian laporan kepada pihak Dirjen Kementerian Desa.

“Alhamdulillah, situasi dalam kondisi kondusif, pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Muara Enim tetap melaksanakan prokes COVID-19 dengan baik, saya sudah cek di sini dengan seluruh kelengkapan proses dan diawasi secara langsung saya tugaskan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim. Begitu juga dalam pelaksanaan mekanisme pengambilan pemanggilan dan pengambilan surat suara semuanya dilakukan Insya Allah menggambarkan demokrasi yang langsung umum bebas dan rahasia,” katanya.

Dia juga berpesan kepada dua saksi, karena di Desa Tanjung Raman ada 2 calon kepala desa dua saksi ini menyakinkan dengan langsung, bagaimana proses pesta demokrasi di desa ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya itu laporan kepada Dirjen. “Izinkan kami menyampaikan permohonan izin dan perkenan bapak agar kami dapat melaksanakan kembali pemantauan pada desa-desa lain yang kami rencanakan, akan kami lakukan pada beberapa titik sampai dengan berakhirnya proses Pilkades serentak Kabupaten Muara Enim tahun 2021 pada hari ini 14 Oktober tahun 2021,” ujarnya.

 

Foto bersama jelang peninjauan proses pemungutan suara dalam Pilkades serentak Kabupaten Muara Enim.

“Kami mohon doanya agar pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2021 ini dapat dilaksanakan dengan baik dengan sukses lancar akan dapat membantu mengarahkan arah kebijakan pembangunan Kabupaten hari ini, Terima kasih Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,” ucap HNU saat melaporkan Kondisi Pilkades ke Dirjen.

Dia juga berharap kepala desa terpilih merupakan kepala Desa yang memang punya kualitas untuk bahu-membahu dengan pejabat yang berada di tingkat kecamatan maupun di kabupaten, agar bersama-sama bisa menetapkan arah kebijakan pembangunan pemerintah kabupaten Muara Enim.

“Pesan untuk masyarakat dimanapun berada yang sudah memberikan hak pilih nya pada pilkades, agar tetap tenang, bahwa ini adalah proses demokrasi yang harus kita lalui dan jaga kondusifitas, itu guna deklarasi damai yang sudah saya inisiasi, untuk setiap setia calon harus tau bahwa siap kalah, siap menang. ketika kalah, itu bukan kalah tapi itu kemenangan yang tertunda, jadi sekali lagi kami sampaikan jaga kondusifitas, dan saya pesankan kepada panitia untuk tingkatkan netral,“ tukas HNU.

Proses penghitungan suara.

Pilkades ini tidak saja diikuti oleh calon Kades baru, tetapi juga diikuti oleh Pertahana salah satunya Pilkades di Desa Tanjung Raja. Diungkapkan Ketua Panitia Pilkades Tanjung Raja, Hairul Fadli SAg, jumlah pemilih di Desa Tanjung Raja berjumlah 1.799 suara dengan jumlah TPS sebanyak 4 TPS. (Rahmad/ADV)

Komentar

Berita Lainnya