oleh

Jelang Ramadan, Pemkab Bangka Pastikan Stok Bahan Pokok Aman

BANGKA – Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung memastikan stok serta harga bahan pokok di Kabupaten Bangka masih cenderung aman.

Dikatakan Bupati Bangka Mulkan, meskipun saat ini Pemerintah Kabupaten Bangka belum melaksanakan operasi pasar tetapi berdasarkan pemantauan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, persediaan masih cukup terkontrol dan masih aman.

Selain itu, dirinya menyampaikan stok bahan pokok di Kabupaten Bangka juga masih mampu untuk menyediakan terhadap permintaan pasar. Terlebih lagi Kabupaten Bangka memiliki lahan cetak sawah yang mampu memproduksi beras.

“Saat ini kita juga mampu memproduksi beras baik melalui lahan padi sawah ataupun ladang di Kabupaten Bangka. Meskipun belum mampu menyediakan seratus persen tetapi setidaknya membantu kebutuhan masyarakat,” ujar Mulkan.

Meski demikian, Pemerintah Kabupaten Bangka akan tetap melaksanakan operasi pasar guna mengontrol dan memantau kondisi pasar. Sehingga gejolak yang mungkin berpotensi terjadi dapat dicegah sedini mungkin.

“Kedepannya kita akan melakukan operasi pasar agar lebih dapat mengontrol stok dan harga barang di pasar. Selain itu juga bertujuan untuk mencegah penimbunan barang dari para oknum pedagang,” tutup Mulkan.

Dinas terkait mencatat ketersediaan beras sebanyak 50 ton, gula 13 ton dan minyak sebanyak 12.2 ton. Kemudian terigu tersedia 7,5 ton, jagung 630 kilogram, kacang tanah 700 kilogram, kacang hijau 625 kilogram serta kacang kedelai masih tersedia tiga ton. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya