oleh

Ini Kiat Sukses Budidaya Melon yang Krispi dan Manis

PALEMBANG – Daging buah melon yang manis dengan tekstur krispi banyak disukai oleh konsumen karena rasanya lezat dengan tekstur yang nikmat.

Namun, sayangnya, tidak semua melon memiliki rasa serta tekstur tersebut, hanya beberapa buah melon yang dibudidayakan dengan cara yang tepat bisa memiliki kedua hal tersebut. Oleh karena itu, simak budidaya melon yang benar sehingga daging buahnya terasa manis dan krispi.

Daging terasa manis

Agar rasa buah melon lebih manis, dibutuhkan adanya pengisian karbohidrat yang optimal di dalam buah serta konversi karbohidrat menjadi gula sempurna sehingga konsentrasi gula di dalam cairan sel meningkat.

Rasa manis pada daging buah bisa didapatkan melalui penetapan posisi buah yang akan dibesarkan, pemberian pupuk yang benar, dan pemangkasan pucuk. Untuk mendapatkan buah melon yang manis dengan ukuran buah besar, pilihlah bunga sempurna yang muncul pada ruas ke-9 hingga ke-12.

Unsur hara yang cukup dan seimbang berperan penting dalam pengisian sel-sel daging buah dengan karbohidrat dan perubahannya menjadi gula selama perkembangan buah. Unsur hara yang diperlukan adalah kalium, nitrogen, dan kalsium.

Sementara itu, pemangkasan pucuk harus dilakukan pada tunas air yang muncul di ketiak daun agar tidak banyak cabang negatif yang terbentuk. Pemangkasan tersebut harus dilakukan secara teratur.

Membuat melon menjadi krispi

Tekstur daging buah melon sangat dipengaruhi oleh sifat varietas dan teknik budidaya yang digunakan. Varietas yang umumnya menghasilkan daging buah bertekstur krispi seperti buah pir berasal dari Cina, Korea, dan Jepang. Varietas-varietas tersebut sering disebut sebagai oriental melon.

Sementara itu, teknik budidaya yang paling berpengaruh terhadap tekstur buah adalah sistem pengairan dan pemupukan. Titik kritis pada pengairan terjadi sejak penyerbukan sampai 20 hari sesudahnya. Saat itu tanaman melon sangat membutuhkan air dalam jumlah yang cukup untuk mendukung pertumbuhan buah dan pembentukan jala.

Masih ada kiat-kiat bertanam melon unggul lainnya yang dibahas di dalam buku Berkebun Melon Unggul. Buku tersebut sangat cocok menjadi referensi Anda untuk belajar budidaya melon yang benar sehingga menghasilkan buah melon yang disukai oleh konsumen. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya. (Tani)

Komentar

Berita Lainnya