oleh

Bertanam Jagung Manis, Ekonomi Kelompok Tani Delima Makin Terbantu

BANGKA – Kelompok Tani Delima desa Zed, Kabupaten Bangka menggalakkan program ketahanan pangan dengan melakukan budidaya tanaman holtikultura berupa jagung manis.

Ketua kelompok Tani Delima desa Zed, Hermanto mengatakan, budidaya tanaman holtikultura jagung manis itu sesuai dengan potensi yang dimiliki desa tersebut, berdasarkan hasil dari sensus pertanian 2013 lalu.

“Sesuai sensus itu jagung manis menjadi potensi desa kami di sektor pertanian, karenanya program ini kami lakukan secara berkelanjutan,” Kata Hermanto.

Dia mengungkapkan, dalam satu kali panen, kelompok Tani desa itu bisa menghasilkan 500 – 600 Kilogram (Kg) jagung manis.  Dengan harga jual Rp3500 /Kg, Kata Hermanto hasil dari panen tersebut bisa membantu ekonomi anggota kelompok Tani Delima yang beranggotakan 25 orang.

“Hasil dari panen ini sudah ada penampungnya. Pembelinya kebanyakan dari daerah Bangka Barat, Bangka Selatan dan Pangkalpinang. Sistemnya mereka datang langsung kesini untuk membeli hasil panen, kemudian mereka jual lagi di daerahnya masing-masing,” tutupnya. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya