oleh

Beragam Pakan Biji-bijian Burung Kenari

PALEMBANG – Pakan biji-bijian untuk burung kenari cukup banyak dan mudah didapatkan. Ada yang berbentuk kemasan dan ada pula olahan sendiri dari produsen pakan.

Kualitas biji yang baik untuk pakan burung kenari adalah biji yang masih bisa berkecambah (hidup) dan akan turun ke dasar air bila direndam. Berikut ini biji-bijian yang bagus diberikan untuk burung kenari.

Biji kenari

Biji kenari sebaiknya diutamakan menjadi pakan burung kenari. Biji kenari sangat baik diberikan saat kenari memasuki masa penjodohan hingga masa kawin atau ketika akan dikonteskan. Hal ini dikarenakan saat itu kenari membutuhkan energi yang cukup besar. Biji kenari kurang baik diberikan saat burung masih muda berumur kurang dari tiga bulan karena kulitnya agak tebal atau sulit dipipil.

Godem

Godem sering digunakan sebagai campuran pakan burung perkutut. Biji-bijan ini sangat baik untuk kenari muda karena mampu merangsang suaranya untuk berkicau.

Pada kenari yang sedang mengalami fase ganti bulu, godem sangat berguna untuk mempercepat proses perontokan dan merangsang kenari agar tidak terlalu lama berhenti berkicau. Pada musim hujan, godem bisa menstabilkan suhu badan kenari.

Biji lobak

Biji lobak mengandung kadar lemak yang cukup tinggi. Oleh karena itu, pemberiannya perlu dibatasi. Untuk kenari dewasa, biji lobak cukup diberikan sebanyak 5 persen dan pada kenari muda sebanyak 10 persen dari total campuran biji pakan.

Biji lobak sebaiknya tidak diberikan pada kenari yang sedang mengalami masa ganti bulu karena dapat memperlambat burung berkicau.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung minyak yang berguna untuk menyuburkan dan membuat bulu kenari bercahaya. Selain itu, kandungan minyak tersebut juga bisa memperlancar proses produksi telur kenari yang ditangkarkan. Biji matahari yang diberikan sebaiknya yang berbentuk pipih karena kadar lemaknya lebih rendah dibanding biji bunga matahari yang agak bulat bergaris. Jangan pernah memberikan biji bunga matahari sebagai camilan karena kadar garamnya berbahaya.

Kacang hijau

Pehobi jarang memberikan kacang hijau karena bentuknya cukup besar dan keras. Namun, kacang hijau bisa diberikan dalam bentuk kecambah atau dibuat menjadi butiran kecil atau berbentuk tepung. (Pertanianku)

Komentar

Berita Lainnya