pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Palembang

Wamen Ketenagakerjaan RI Pimpin Apel Bulanan K3 Nasional di Provinsi Sumsel

114
×

Wamen Ketenagakerjaan RI Pimpin Apel Bulanan K3 Nasional di Provinsi Sumsel

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni  diwakili oleh Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel Edward Chandra menghadiri Apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2024. Apel dipimpin langsung oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Afriansyah Noor di Halaman Griya Agung Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (8/3/2024).

Dalam arahannya Wamen mengatakan, apel bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan hari  penting bagi pekerja. Bahkan, kegiatan ini merupakan yang pertama kali diadakan di tingkat Provinsi se-Sumatera Selatan dalam memperingati Bulan K3.

”Dengan mengangkat tema sehat selamat dalam bekerja terjaga kelangsungan usaha dengan baik, tema ini mencerminkan tekad kita untuk menjadikan lingkungan kerja lebih aman, lebih sehat dan lebih produktif dengan standar K3,” kata Wamenaker.

Wamenaker juga berterima kasih kepada semua pihak  yang telah membantu pembentukan masa depan bangsa dengan mendorong sistem ketenagakerjaan yang lebih baik. Dia berharap melalui peringatan Bulan K3 dapat meminimalisir kecelakaan kerja dalam perusahaan dikarenakan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan hal yang tak dapat tergantikan.

“Saya tidak hanya melihat sekelompok individu yang hadir secara fisik tetapi sebuah komunitas yang memiliki peran penting untuk masa depan indonesia dengan mendorong sistem ketenagakerjaan yang lebih baik adaptif inklusif di tengah perubahan global,” ujarnya.

“Kehilangan sumber daya manusia merupakan kerugian uang sangat besar karena manusia adalah sumberdaya yang tidak dapat tergantikan,” sambungnya.

Kemudian, Wamenaker juga mengajak seluruh pihak untuk  terlibat mendukung dan menguatkan fungsi setiap sektor agar tercapainya budaya K3 sekaligus mendukung tercapainya visi Indonesia Emas tahun 2024.

“Mari berkolaborasi kuat, mari bersinergi utuh, mari bekerja sama, tinggalkan pola pikir parsial dan mari kuatkan tiap-tiap sektor dalam meningkatkan budaya K3 yang mendukung tercapainya visi Indonesia emas 2024,” tegas Wamenaker.

Usai memimpin apel, Wamen Ketenagakerjaan RI Afriansyah Noor berkesempatan menyerahkan penghargaan untuk sejumlah perusahaan di Sumsel yang telah meraih predikat Zero Accident.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sumsel Deliar Marzoeki, dalam laporannya mengatakan tujuan apel ini digelar untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran terhadap norma K3 dan menjamin terlaksananya K3 setiap Perusahaan.

“Kegiatan ini kita laksanakan dengan tujuan membudayakan K3 setiap bekerja agar keselamatan dan kenyamanan tetap terjamin, sasaran meningkatkan kemampuan kesadaran K3 serta mewujudkan sumber daya  manusia K3 yang berdaya saing sehingga dapat meminimalisir kecelakaan dalam bekerja,” kata Deliar.

Dalam kesempatan ini, Deliar juga menyebut sasaran dari apel ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah perusahaan yang nihil kecelakaan dan meningkatkan ekonomi dari  semua sektor perusahaan melalui K3.

“Jumlah peserta hari ini kurang lebih 3500 yang terdiri dari perwakilan dari perusahaan yang ada di Sumsel, perwakilan mahasiswa universitas dan instansi-instansi terkait,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *