oleh

[VIDEOGRAFIS] Benarkan Mengoleskan Minyak Ke Masker Bisa Cegah COVID-19?

Beritamusi.co.id | Menggunakan masker dengan ditambah atau dioleskan minyak kayu putih dianggap sebagian orang dapat mencegah penularan virus Corona jenis baru, COVID-19. Namun apakah hal tersebut efektif cegah COVID-19?

Dokter Spesialis Paru-paru, Megantara seperti dikutip dari tirto.id mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada penjelasan maupun penelitian lebih detail yang bisa menjelaskan bahwa mengoleskan minyak kayu putih ke masker bisa cegah COVID-19.

“Kalau dioles di masker dan mencegah COVID-19 belum ada bukti, butuh bukti dan penelitian mendalam untuk itu,” kata Megantara.

Namun, berdasar hasil penelitian menurut Megantara minyak kayu putih memang memiliki kemampuan dan kemungkinan untuk mencegah infeksi COVID-19.

Tetapi penggunaannya bukan dioleskan ke masker tetapi langsung dioleskan, misal ke tangan yang terkena droplet dan mengandung virus Corona.

“Minyak kayu putih ada kemungkinan cegah infeksi COVID-19 karena minyak kayu putih mengandung antioksidan, antiseptik, kalau dioles (bukan pada masker) virus dan bakteri mati kena minyak ini,” kata Megantara.

Megantara juga mengatakan bahwa hal terpenting untuk mencegah COVID-19 adalah tetap jaga jarak dan menggunakan masker dengan benar.

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibupakaimasker

#ingatpesanibujagajarak

#ingatpesanibucucitangan

#pakaimasker

#jagajarak

#jagajarakhindarikerumunan

#cucitangan

#cucitangandengansabun

Komentar

Berita Lainnya