oleh

Urai Kemacetan Dishub Kota Palembang Tutup U-turn Depan Hermina

U-turnPALEMBANG I  Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang telah melakukan penutupan putaran atau u-turn di Jl Basuki Rahmat tepatnya di depan RS Hermina dan Kampus Palcomtech, Sejak Jumat (18/3) lalu,
U-turn yang selama ini dikeluhkan menjadi salah satu penyebab kemacetan telah ditutup. Hal ini upaya Dishub mengurai kemacetan di beberapa titik kota palembang.

U-turn tersebut ditutup menggunakan beberapa buah beton pembatas jalan. Akibatnya, putaran tersebut tak dapat dibuka sewaktu-waktu. Pengendara yang biasanya memutar di u-turn tersebut, terpaksa harus memutar di lampu merah simpang Jl Angkatan 66-Sekip yang sangat jauh.

Kepala bidang Transportasi Jalan dan Rel Dishub Palembang, Agus Supriyanto menjelaskan, penutupan u-turn tersebut masih dalam tahap uji coba. Pihaknya akan melakukan evaluasi penerapannya satu bulan dari pertama penutupan u-turn dilaksanakan.

“Saat ini masih uji coba yang akan kita lakukan dalam waktu satu bulan. Hasilnya akan dievaluasi dan dijadikan pedoman, penutupan akan dilanjutkan atau tidak,”kata Agus,  Senin (21/3).

Evaluasi akan ditetapkan berdasarkan efektif mengatasi kemacetan atau tidak, serta kemaslahatannya bagi masyarakat umum. Karena dibeberapa titik banyak terjadi kemacetan,dengan kebijakan  menjadi solusi, bukan justru menyebabkan kemacetan di titik baru.

Ditutupnya u-turn ini mendapat respon yang pro dan kontra dari masyarakat. Banyak yang bersyukur dilakukannya penutupan u-turn ini, mengingat selama ini kemacetan di Jl Basuki Rahmat memang disumbang oleh keberadaan u-turn ini.

“Kami mengapresiasi,  soalnya banyak yang memutar sembarangan. Belum lagi banyak yang dari arah Jl Swadaya yang melawan arus untuk dapat berputar di u-turn ini, sehingga kemacetan kerap terjadi,”kata Septi, Warga Sukabangun II Palembang. (Supardi).

Komentar

Berita Lainnya